nusabali

Wajib Sukses Bareng Van Gaal

Montenegro-Belanda, Minggu Dinihari

  • www.nusabali.com-wajib-sukses-bareng-van-gaal

PODGORICA, NusaBali
Belanda selangkah lebih dekat mengamankan tempat di Piala Dunia 2022, saat tandang lawan Montenegro, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup G, di City Stadium Podgorica, Minggu (14/11) dinihari, pukul 03:45 WITA.

Bersama Luis van Gaal, The Oranye dituntut menang untuk menjauhi ancaman Norwegia. Tim asuhan Louis van Gaal itu kini di puncak Grup G, unggul dua poin atas Norwegia di posisi kedua. Sedangkan Montenegro di urutan keempat dan hanya memiliki peluang menyelinap ke posisi kedua.

Namun tim Miodrag Radulovic harus menang atas Belanda dan Turki dalam dua laga berikutnya. Montenegro berjuang maksimal menghadapi Belanda, yang lebih diunggulkan. Pada laga September lalu Montenegro kalah 0-4, namun sempat mengalahkan Latvia dan Gibraltar. Montenegro juga meraih satu poin saat tandang ke Turki pada awal September .

Sedangkan Belanda di puncak Grup G dengan 19 poin, setelah menang enam kali, seri satu kali dan kalah satu kali dari delapan pertandingan mereka selama kampanye kualifikasi yang kuat.

Namun pasukan Van Gaal bisa turun di urutan kedua pada saat laga ini dimulai, karena Norwegia yang di posisi kedua menghadapi Latvia. Hanyan dengan kemenangan akan memastikan Belanda di puncak dan di posisi terdepan untuk mengamankan tempat ke putaran final di Qatar.

Belanda kalah 2-4 dari Turki dalam laga pembuka Grup G pada Maret lalu. Namun sejak itu membukukan enam kemenangan dan satu hasil imbang, termasuk empat kemenangan beruntun atas Montenegro, Turki, Latvia dan Gibraltar dalam empat laga terakhirnya.

Belanda gagal lolos ke Piala Dunia 2018,  tetapi menjadi runner-up pada 2010 sebelum finis ketiga pada 2014, dan itu akan menjadi kejutan besar jika sekali lagi melewatkan final kompetisi.

Belanda yang belum terkalahkan dalam lima laga di tangan Louis van Gaal, tampaknya akan mengulang sukses. Saat menjamu Montenegro di Eindhoven pada awal September 2021, pasukan van Gaal menang 4-0, lewa Memphis Depay (2 gol), Georginio Wijnaldum, dan Cody Gakpo. *

Komentar