nusabali

Bupati Suwirta Paparkan Potensi Nusa Penida di Kemenkomarves

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-paparkan-potensi-nusa-penida-di-kemenkomarves

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memaparkan potensi Kecamatan Nusa Penida, sebagai titik ungkit pembangunan Kabupaten Klungkung di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves), Jakarta, Jumat (5/11).

Pada pertemuan kali ini Kemenkomarves menghadirkan perwakilan kerjasama bilateral Indonesia – Jerman dengan Green Infrastructure Intiative (GII) untuk menjajaki peluang kerjasama. Pertemuan dipimpin Asisten Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Dasar Perkotaan Sumber Daya Air Kemenkomarves Rahman Hidayat, dan dihadiri Provincial Advisor GII – Bali Thilma Komaling dan jajaran Kemenkomarves. Sedangkan Bupati Suwirta didampingi Kepala Baperlitbang Klungkung Anak Agung Lesmana, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Pemukiman Klungkung I Made Jati Laksana, dan Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa.

Bupati Suwirta berharap Kemenkomarves memberikan perhatian khusus kepada Nusa Penida dengan begitu banyak potensi yang dimiliki. Ditetapkannya beberapa kebijakan nasional untuk Nusa Penida juga belum mendapat tindak lanjut nyata. “Pendanaan untuk membangun potensi masih sangat terbatas,” ujar Bupati Suwirta, Sabtu (6/11).

Permasalahan klasik yang dihadapi Kabupaten Klungkung juga beragam, mulai dari keterbatasan infrastruktur jalan, blank spot telekomunikasi, abrasi pantai, permasalahan sampah, air bersih, dan air minum. “Beberapa upaya penyelesaian sudah dilaksanakan namun masih bersifat parsial,” kata Bupati Suwirta.

Mencermati kebutuhan nyata Kabupaten Klungkung di antaranya terkait infrastruktur jalan, penataan destinasi wisata, air bersih, dan penanganan sampah, berharap proyek Green Infrastructure Initiative (GII) menjadi solusi. Perlu ada penyelarasan kegiatan dan kriteria sesuai konsep green project yang dapat didanai GII. “Pertemuan ini akan segera ditindaklanjuti dengan workshop untuk pemetaan kerjasama,” kata Bupati Suwirta. *wan

Komentar