nusabali

Petugas Temukan Rumah Warga Sering Kosong

Petugas Temukan Rumah Warga Sering Kosong

  • www.nusabali.com-petugas-temukan-rumah-warga-sering-kosong

Rata-rata para lansia yang belum tervaksin dalam keadaan sakit dan enggan meninggalkan ladangnya.

GIANYAR, NusaBali

Tim Vaksinasi Kecamatan Payangan, Gianyar tak hanya menjemput warga yang akan divaksinasi. Tim juga melayani vaksinasi kepada petani yang sedang bekerja di kebun tegalan dan persawahan.

Langkah itu diambil tim karena banyak sasaran vaksinasi jarang, bahkan sulit ditemui rumahnya. Cara ini pula diambil petugas meskipun jumlah warga tercecer atau belum divaksin, semakin menipis.  

Bersama petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Payangan, jajaran Polsek Payangan terus ‘memburu’ warga yang belum kebagian vaksin. Aksi jemput bola yang dilaksanakan petugas pun masih ada sejumlah kendala. Karena saat petugas datang, pemilik rumah justru tidak ada, karena sedang beraktivitas di ladang maupun sawah. Tak mau bolak balik lagi, petugas pun tidak ingin menunda dan langsung mencari warga ke kebun atau pun sawah.

"Di Desa Kerta (Kecamatan Payangan, Red), memang kebanyakan warganya sebagai petani. Karena sulit ditemui di kediamannya, ya kita arahkan Bhabinkantibmas dan petugas vaksi untuk jemput bola ke kebun sekalian," ungkap Kapolsek Payangan AKP I Putu Agus Ady Wijaya, Kamis (4/11).

Disebutkan, langkah ini dilakukan guna memastikan  bahwa vaksinasi door to door dilaksanakan secara tuntas.  Karena  percepatan program vaksinasi  akan  menekan penyebaran virus Covid-19,  khususnya di Payangan. "Vaksinasi door to door di Desa Kerta, kami menyasar warga lansia. Karena, masih banyak yang tercecer dengan sejumlah kendala. Tentunya vaksinasi dilaksanakan setelah   diperiksa dan jika keadaan memungkinkan baru divaksinasi," terangnya.

Kepala UPTD Puskesmas Payangan dr Made Arisani mengatakan bahwa dengan sistem jemput bola ini, petugas akan tahu secara nyata keadaan para lansia yang belum di vaksinasi. Dari hasil penelusuran ditemukan bahwa rata-rata para lansia yang belum tervaksin dalam keadaan sakit dan enggan meninggalkan ladangnya.   Sesuai dengan jumlah total warga yang divaksin paparnya, pihaknya melayani vaksin untuk 115 orang. Vaksinasi pertama 107 orang, kedua 8 orang. ‘’Dengan cara ini, kami ingin segera  mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) di Kecamatan Payangan," harapnya. *nvi

Komentar