nusabali

Cara Bermain Catur Strategi Rokade, Download game MPL dan Raih Berlian

  • www.nusabali.com-cara-bermain-catur-strategi-rokade-download-game-mpl-dan-raih-berlian

Catur merupakan permainan yang penuh dengan strategi untuk mengalahkan lawan, salah satu strategi catur yang perlu kamu ketahui ialah strategi rokade

DENPASAR, NusaBali.com
Apakah kamu membutuhkan permainan yang mampu mengasah otak dan memiliki banyak strategi? Kamu bisa memainkan catur dan mempelajari berbagai strategi catur agar kualitas permainan menjadi lebih meningkat. 

Ketika bermain catur, pemain memang harus fokus dan menentukan strategi untuk bisa mematikan langkah lawan. Jika bermain tanpa strategi, maka bisa saja kamu kalah dengan lebih cepat. 

Terdapat beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk membuat permainan menjadi lebih seru. Salah satunya ialah teknik rokade atau yang sering disebut juga sebagai teknik castling.
 
Apa yang dimaksud dengan teknik ini dan bagaimana cara melakukannya? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini. 

Berkenalan dengan Teknik Rokade 

Teknik rokade atau castling merupakan sebuah strategi yang memiliki tujuan untuk melindungi raja dari serangan lawan. Posisi raja dibuat seaman mungkin sehingga lawan kesulitan untuk membongkar perlawan bidik catur kamu. 

Strategi ini diperkenalkan dalam dunia catur pada tahun 1500-an dan juga berfungsi untuk meningkatkan kecepatan permainan. 

Rokade juga terkenal sebagai gerakan bertahan dimana strategi ini melibatkan dua bidik catur, yakni raja dan benteng. 

Secara umum, kegunaan dari strategi ini adalah 
- mempercepat permainan
- membuka pertahanan baru
- membuat pertahanan menjadi lebih kuat
- menyeimbangkan strategi permainan. 
Strategi ini memungkinkan kamu untuk menggerakan kedua bidik ini secara bersama sama dalam satu waktu. Tetapi, gerakan ini hanya boleh kamu lakukan sekali sepanjang permainan.

Pada umumnya, teknik ini dilakukan oleh pemain yang sudah berpengalaman. Tetapi, kamu juga bisa mempelajari teknik ini dan menerapkannya pada pertandingan catur selanjutnya.

Mempelajari Aturan Strategi Rokade 

Photo by MPL – Chess online

Setelah kamu mengetahui tentang pengertian strategi rokade, kini kamu harus mengetahui aturannya. Bagaimana strategi ini bisa kamu jalankan dan apa saja peraturan yang harus dipenuhi. 

Berikut ini adalah berbagai aturan penting dalam strategi rokade yang harus kamu perhatikan. 
- Pastikan bahwa raja dan salah satu benteng belum pernah bergerak sebelumnya. Jika ingin menggerakan benteng, maka gunakan benteng yang berada di sisi lain.
 
- Kotak yang berada antara benteng dan raja tidak boleh ada buah catur lainnya. Sehingga, kuda dan peluncur sudah harus kamu jalankan terlebih dahulu pada sisi benteng yang ingin melakukan strategi rokade. Termasuk buah catur lawan juga tidak boleh berada di antara benteng dan raja. 

- Saat ingin melakukan strategi rokade, raja tidak boleh terkena skak oleh lawan. Jika kamu sudah terkena skak sebelumnya dan kini tidak sedang terkena skak, maka strategi rokade boleh dilakukan. Saat benteng terancam, kamu boleh melakukan rokade. 

- Setelah semua kondisi terpenuhi, maka kamu perlu memindahkan raja dua kotak ke kanan untuk mengisi posisi awal kuda. Kamu juga bisa menggerakan raja dua kotak ke kiri untuk mengisi posisi gajah. Tergantung sisi papan catur mana yang akan kamu gunakan.

- Pindahkan benteng untuk berada di sebelah sisi raja yang lain. Jika melakukan rokade ke sisi raja (rokade sayap raja) , maka posisi benteng berada di posisi awal gajah. Namun, apabila rokade ke sisi menteri  (rokade sayap ratu) maka akan berada di posisi awal  menteri. 
Dengan melakukan strategi rokade diatas, maka posisi raja semakin terlindungi. 

Apa perbedaan melakukan rokade sayap raja dan rokade sayap ratu? 

Secara umum, rokade sayap raja lebih aman karena posisi raja menjadi lebih ke  ujung papan (1 kotak sebelum ujung papan). Tetapi, penggunaan benteng menjadi tidak efisien sehingga kamu memerlukan satu langkah lagi demi membawa benteng berada di tengah. 

Sementara rokade sayap raja lebih ofensif meskipun letak raja tidak berada dekat dengan sisi papan. Hal ini karena letak benteng lebih strategis dan bisa menyerang lawan dengan lebih mudah. 

Apabila kamu melakukan strategi rokade sayap ratu, maka ratu akan membuat raja bergerak ke ujung papan yang bertujuan untuk menjaga pion yang berada di depan raja.

Kapan Waktu Tepat Melakukan Rokade 

Kamu sudah mengetahui strategi dan teknik melakukan rokade. Lalu, kapan waktu terbaik kamu melakukan strategi ini? 

Tentu saja, waktu untuk menggerakan benteng dan raja sekaligus harus kamu perhatikan. Jangan sampai, kamu salah mengambil langkah dan berakhir kekalahan. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu pelajari untuk mengetahui waktu tepat melakukan rokade. 

1. Lakukan Ketika Situasi Menguntungkan 
Pada umumnya, pemain pemula melakukan rokade langsung ketika mereka baru memulai permainan. Tetapi, mereka tidak sadar bahwa melakukan strategi tersebut ternyata tidak diperlukan. 

Meskipun strategi ini merupakan cara yang baik untuk melindungi raja atau mengelompokkan buah catur, namun cara ini tidak selalu tepat. 

Oleh karena itu, perhatikan situasi papan catur apakah akan menguntungkan apabila kamu melakukan rokade? 

Atau jika kamu melakukan rokade maka akan mempermudah serangan lawan? 

Kamu bisa mengetahui situasi mana yang tepat seiring semakin seringnya berlatih bermain catur. 

2. Memperluas Serangan Benteng 
Selain melindungi raja, melakukan rokade juga mempermudah benteng untuk melakukan serangan yang lebih luas. 

Lakukan strategi rokade saat kamu ingin membuat benteng memiliki jangkauan yang lebih luas. 

Seperti kamu ketahui, benteng sulit untuk bergerak pada awal permainan. Benteng bisa bergerak dengan bebas ketika situasi sudah mendesak dan menjadi penyerang yang penting. 

Benteng akan lebih mudah bergerak karena sudah terbebas dari pion yang berada di depannya. 

3. Tunggu Lawan Melakukan Serangan 
Lalu, kapan kamu harus mengubah susunan catur dengan menggunakan strategi rokade ini? 

Waktu yang tepat ialah ketika lawan sudah mulai melakukan serangan. Apabila kamu melihat bahwa lawan sudah melakukan serangan secara serentak, maka percepatlah untuk memindahkan buah catur agar bisa melakukan strategi ini. 

Dengan melakukan langkah ini, maka kamu kembali memperkuat pertahanan sehingga tempo penyerangan dari lawan akan menjadi lebih lambat. 

4. Lakukan Saat Bagian Tengah Terbuka 
Apabila posisi raja berada di bagian tengah yang sedang terbuka, maka waktu ini ialah waktu yang tepat untuk melakukan strategi rokade. 

Bagian tengah yang terbuka membuat posisi raja menjadi rentan dan terkena serangan dari lawan. Oleh karena itu, kamu harus membuat pertahanan raja menjadi lebih kuat. 

Namun, apabila sebagian besar perlawanan berada di pinggir sisi papan, maka kamu tetap bisa meninggalkan raja untuk berada di bagian tengah. 

Kamu harus hati-hati dan membaca situasi untuk melakukan rokade agar hasilnya menjadi lebih optimal. 

Komentar