nusabali

4 Ponsel Terbaik 2023 - iPhone 14 Pro Max Masih Jadi ‘Raja’

  • www.nusabali.com-4-ponsel-terbaik-2023-iphone-14-pro-max-masih-jadi-raja

DENPASAR, NusaBali.com - Dunia teknologi terus berkembang, pun demikian dengan inovasi yang dihadirkan oleh vendor-vendor ternama di industri ponsel. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk terus mengikuti perkembangan teknologi untuk mengetahui spesifikasi-spesifikasi baru yang mungkin akan mengikat minat Anda.

Bukan hanya itu, smartphone terbaru dan tercanggih tentu akan sangat mendukung untuk banyak hal. Mulai dari berkomunikasi, bekerja, hingga bermain game seperti Gates of Olympus. Nah, apabila Anda penasaran spesifikasi seperti apa yang saat ini sedang ‘merajai’ dunia ponsel, silakan simak informasinya di bawah ini.

1. Apple iPhone 14 Pro Max


Ini adalah seri terbaru iPhone yang dibekali dengan chipset terbaru dari manufaktur 4nm bernama Apple A16 Bionic. Chipset ini diklaim memiliki performa lebih kencang dibanding semua pendahulunya.

Apple merilis iPhone 14 Pro Max dengan fitur inovatif berupa notch atau poni di bagian depan. Fitur ini diberi nama Dynamic Island dan didesain untuk menyamarkan posisi sensor pemindai wajah. Bukan hanya itu, sesuai namanya fitur ini juga bertujuan untuk memberikan kesan dinamis.

Notch tersebut dapat berubah bentuk, seperti memanjang, memendek, membesar, atau bahkan menciptakan dua gelembung terpisah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan pengguna. Ini merupakan fitur yang menjadi bahan perbincangan di tengah pecinta gadget.

Layar iPhone 14 Pro Max sudah dibekali dengan panel Super Retina XDR OLED. Refresh rate yang dimiliki pun sangat tinggi yaitu 120Hz dengan dimensi yang begitu luas. Bodi ponsel ini terbuat dari kaca dan stainless steel. Pengguna yang sering berada di luar ruangan juga tidak perlu khawatir karena ponsel ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan debu dan air mencapai 1,5 meter selama 30 menit.

2. Samsung Galaxy Z Fold5 5G


Samsung Galaxy Z Fold5 5G merupakan ponsel dengan inovasi terbaru dari vendor asal Korea ini. Ponsel ini mengusung model dengan dua layar, bagian dalam dan luar, layaknya sebuah buku yang dapat dilipat. Samsung menyematkan layar seluas 6,2 inchi pada bagian luar sementara di bagian dalam terdapat layar lebih luas, 7,6 inchi. Satu hal yang menyita perhatian adalah kedua layar tersebut sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X yang memiliki refresh rate sebesar 120Hz. Dengan spesifikasi layar yang nyaris sama, pengguna tidak akan merasakan perbedaan signifikan saat menggunakan salah satunya.

Jika Anda merasa khawatir ponsel ini akan cepat rusak karena fitur buka tutupnya, maka Anda salah besar. Samsung sudah mempertimbangkan hal ini dengan matang. Itulah mengapa mereka menggunakan engsel dengan material Armor alumunium yang sangat kuat.

Berbicara soal ketahanan, layar ponsel ini juga telah memiliki lapisan Gorilla Glass Victus 2 sehingga jauh lebih tahan terhadap goresan. Bodinya yang terbuat dari kaca juga sudah tahan air dengan sertifikasi IPX8.

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 disematkan Samsung untuk menopang dapur pacu. Dengan disertai memori internal 1TB dan RAM 12GB, aktivitas multitasking dapat dilakukan dengan lancar.

3. Xiaomi 13 Ultra


Pabrikan asal Tiongkok, Xiaomi, dinilai menghadirkan Xiaomi 13 Ultra sebagai ponsel flagship terbaik mereka di tahun 2023. Xiaomi benar-benar memperhatikan seluruh aspek pada smartphone ini agar menjadi yang terbaik di kelasnya.

Aspek yang paling ditonjolkan oleh Xiaomi pada ponsel ini adalah kameranya. Demi memberikan color grading yang lebih baik pada hasil foto, mereka menjalin kerjasama dengan Leica.

Fitur lain yang disematkan Xiaomi kepada kamera Xiaomi 13 Ultra antara lain opsi untuk memilih f/1.9 atau f/4.0 sesuai kebutuhan. Dengan kebebasan memilih aperture ini membuat pengguna dapat menentukan depth of field sebuah foto.

Ponsel ini memiliki dapur pacu yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2. Performa chipset akan ditunjang dengan komponen pendingin baru yang terinspirasi dari cara kerja pendingin di pesawat terbang.

Fitur yang membuat ponsel ini sedikit berbeda dengan flagship dari vendor lain adalah material kulit sintetisnya. Material tersebut bukan hanya menghadirkan kesan elegan, melainkan juga diklaim dapat menjaga kebersihan ponsel.

4. Vivo X90 Pro+


Ponsel ini mencuri banyak perhatian di awal peluncurannya karena menjadi perangkat pertama yang menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2. Dengan kapasitas RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB atau 512GB, performa Vivo X90 Pro+ tidak perlu diragukan lagi.

Bukan hanya soal performa, Vivo juga menyematkan kamera dengan spesifikasi mumpuni. Terdapat empat kamera utama dengan di mana masing-masing kamera memiliki resolusi tinggi. Kamera utama memiliki resolusi 50,3MP (f/1.8) disertai dukungan Dual Pixel PDAF, laser PDAF, dan OIS. Tersedia pula kamera ultrawide 48MP (f/2.2) yang mampu memberi sudut pandang mencapai 114 derajat.

Pada bagian layar, Vivo X90 Pro+ dibekali dengan panel LTP04 AMOLED dengan ukuran 6,78 inchi. Dengan spesifikasi tersebut, layar ini mampu menghadirkan resolusi QHD Plus. Refreshnya dapat bekerja secara adaptif mulai dari 1-120Hz, HDR10+, Dolby Vision, dengan kemampuan menghadirkan lebih dari 1 miliar warna dan kecerahan mencapai 1800 nit.

Komentar