nusabali

Sudikerta Klaim Dapat Restu Ical

  • www.nusabali.com-sudikerta-klaim-dapat-restu-ical

Kemarin Sudikerta beber suksesnya menggelar Munas Golkar 2014 di Nusa Dua hanya dengan persiapan selama 5 hari.

"Saya sukses melaksanakan Munas Golkar di Bali (Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, 30 November-4 Desember 2014, Red) ketika DPP Golkar hanya memberikan waktu selama 5 hari persiapan. Saat itu, di mana-mana tidak aman. Tapi, sebagai tuan rumah, kita sukses laksanakan Munas Golkar di Bali,” kenang Sudikerta.

Sebagaimana wacana yang berkembang selama ini, ada dua kandidat yang bakal menantang Sudikerta dalam perebutan kursi Ketua DPD I Golkar Bali, melalui Musda nanti. Mereka masing-masing Sugawa Korry dan wayan Geredeg.

Sugawa Korry merupakan politisi senior Golkar asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng yang kini juga menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Buleleng dan sekaligus Wakil Ketua DPRD Bali. Sebaliknya, Wayan Geredeg adalah politisi Golkar asal Banjar Kreteg, Desa Sibetan, Kecamatan Karangasem yang mantan Bupati Karangasem dua kali periode (2005-2010 dan 2010-2015). Saat ini, Geredeg masih menjabat Ketua DPD II Golkar Karangasem. Ayah dari anggota Fraksi Golkar DPRD Bali Dapil Karangasem, Ni Putu Yuli Artini, ini juga merangkap sebagai Wakil Bendahara Umum DPP Golkar versi Munas Nusa Dua. 

Dalam Musda Golkar Bali nanti, mereka akan memperebutkan 15 suara yang tersedia. Dari 15 suara tersebut, terbanyak milik DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Bali, yakni 9 suara. Pasalnya, tiap DPD II Golkar Kabupaten/Kota punya 1 suara di Musda Golkar Bali. Sedangkan DPP Golkar memiliki 1 suara, DPD I Golkar Bali punya 1 suara, dan Dewan Penasihat DPD I Golkar Bali juga punya 1 suara.

Sedangkan Organisasi Sayap Partai Golkar (AMPG dan KPPG), Organisasi Pendiri Partai Golkar atau Tri Karya (SOKSI, Kosgoro, MKGR), dan Organisasi yang didirikan Partai Golkar masing-masing punya 1 suara. Sekretaris DPD I Golkar Bali, Putu Yuda Suparsana, menyatakan termasuk dalam organisasi yang didirikan Partai Golkar adalah AMPI, Al Hidayah, Satuan Karya Ulama, dan Himpunan Wanita Karya.

“Jadi, totalnya ada 15 suara yang akan diperebutkan para kandidat dalam tarung berebut lkursi Ketua DPD I Golkar Bali melalui Musda nanti. Bagaimana sistemnya, itu bisa musyawarah mufakat, bisa juga lewat voting. Tergantung mekanisme yang disepakati nanti di Musda,” ujar Yuda Suparsana kepada NusaBali di Denpasar, Kamis (3/12).

Sementara itu, Wayan Geredeg belum mau banyak komentar soal tarung perebutan kursi Ketua DPD I Golkar Bali dan ajakan Sudikerta untuk gabung. "Saya masih kundangan adat ini. Saya nggak komentar dulu-lah," ujar Geredeg saat dikonfirmasi NusaBali per telepon, Jumat kemarin.

Sedangkan Sugawa Korry menyebutkan dirinya masih agendakan akan merapatkan Golkar Buleleng. "Saya belum rapat, tunggu rapat di Buleleng dulu. Mereka harus kita dengar dulu. Jadi, aspirasi kader di akar rumput harus kita dengar,” jelas Ketua DPD II Golkar Buleleng yang menggantikan Ni Luh Tiwik Ismarheningrum melalui Musda 2010 ini. 7 nat

Komentar