nusabali

Bendera Hitam bagi SKPD Terjorok

  • www.nusabali.com-bendera-hitam-bagi-skpd-terjorok

Penilaian tahap pertama dilakukan April 2015, tahap dua Januari 2016. Pengumuman hasil penilaian dilakukan pada 10 Mei 2016 bertepatan dengan HUT Bangli.

Sempat Mati Suri, Adipura SKPD Akan Kembali Dihidupkan  

BANGLI, NusaBali
Setelah sempat vakum beberapa tahun, Adipura SKPD yang sempat tenar di era kepeminpinan Bupati Bangli Ida Bagus Agung Ladip, akan kembali digelar. Pada lomba kebersihan dan pertamanan kantor ini, bagi kantor SKPD yang mendapat label jorok bakal dikibarkan bendera hitam. 

Kepala Dinas Tata Kota Bangli Ida Ayu Giri Sutha, mengatakan tujuan dari lomba Adipura SKPD untuk menciptakan dan meningkatkan kebersihan, keindahan lingkungan, dan kenyamanan lingkungan kantor. Selain itu juga untuk meningaktkan kepedulian pegawai di masing-masing SKPD supaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas lingkungan. “Lomba SKPD ini diikuti sebanyak 48 kantor di Pemkab Bangli,” ujarnya, Jumat (4/12).

Diharap dengan adanya lomba tersebut, SKPD bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Supaya tidak ada image bahwa masyarakat saja yang dituntut untuk menjaga kebersihan lingkungan. Namun, pemerintah harus bisa memberikan teladan. 

“Dalam lomba nanti, bagi SKPD yang kondisi kantonya jorok, bakal dipasang bendera hitam selama beberapa hari, hingga kantor yang bersangkutan benar-benar dapat memenuhi kriteria kebersihan tersebut,” tegasnya.

Mengenai kriteria penilaian, kata dia, meliputi kebersihan lingkungan kantor, ruang kerja, toilet, tempat suci, dan sebagainya. Tim penilai melibatkan pihak yang berkompeten di bidangnya, seperti dari Dinas Kesehatan, BLH, Tata Kota, Bagian Hukum, dan sebagainya. “Untuk penilaiannya akan dilakukan secara bertahap. Penilaian tahap pertama sudah dilakukan pada April 2015 lalu, kemudian untuk penilaian tahap kedua dilakukan Januari 2016 nanti. Sedangkan untuk pengumunan pemenang lomba bakal disampaikan tepat pada perayaan HUT ke-812 Kota Bangli 10 Mei 2016 mendatang,” katanya.

Selain melakukan program Adipura SKPD, pihaknya juga melaksanakan program Adipura Desa, Adipura Sekolah (khusus sekolah yang ada di kota Bangli). “Mudah-mudahan dengan adanya lomba ini, dapat menumbuhkan kepedulian dan kesadaran pegawai dan masyrakat terhadap kebersihan lingkungan,“ harapnya. 7 w

Komentar