nusabali

Wawali Pimpin Susur Sungai Bersihkan Tukad Ayung

  • www.nusabali.com-wawali-pimpin-susur-sungai-bersihkan-tukad-ayung

DENPASAR, NusaBali
Dalam rangka Hari Bersih-bersih Sedunia Tahun 2021 yang digelar September 2021, Pemkot Denpasar bersama jajaran Kodim 1611/Badung dan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Kota Denpasar berkolaborasi dengan Gerakan Aksi Sosial Komunitas Peduli Lingkungan (KPS Gas Kopling), menggelar kegiatan bersih dan susur sungai di sepanjang aliran Sungai (Tukad) Ayung, Jalan Sulatri, Desa Kesiman Petilan, Denpasar Timur, Sabtu (18/9).

Kegiatan tersbeut dipimpin Wakil Walikota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa bersama Dandim 1611/Badung Kolonel Infantri I Made Alit Yudana. Wawali Kadek Agus mengapresiasi kegiatan bersih dan susur sungai ini. Apalagi Kota Denapsar memiliki potensi wisata alam yang mungkin jarang dimiliki kota besar lainnya.  

“Kegiatan berkelanjutan pengelolaan lingkungan ini dapat menginspirasi wilayah lain di Kota Denpasar untuk menggulirkan aksi serupa di wilayah masing-masing secara rutin. Pemkot Denpasar berkomitmen mendukung kegiatan masyarakat, karena tanpa program pemberdayaan oleh masyarakat, pembangunan suatu daerah tak akan berjalan maksimal,” ujar Wawali.

Hadir di aksi tersebut Camat Dentim I Wayan Herman, Perbekel Kesiman Petilan I Wayan Mariana, Lurah Kesiman Gusti Ayu Made Suryani, serta Ketua KPS Kota Denpasar IB Anom Parwata. Tampak juga ratusan relawan dari 35 komunitas peduli sungai dibantu unsur TNI dari Kodim 1611/Badung menyusuri sepanjang aliran sungai untuk merapikan dan membersihkan sungai dari sampah terutama sampah plastik.

Dandim Kolonel Alit Yudana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen pihaknya untuk bersinergi bersama seluruh elemen masyarakat. Hal itu digelar untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, terutama wilayah sungai.

“Keberadaan sungai sebagai sumber mata air dan sumber kehidupan, harus kita jaga agar tak sampai terjadi bencana alam karena kelalaian kita menjaga lingkungan. Bersama Pemerintah Kota Denpasar dan komunitas peduli sungai, mari sinergikan potensi untuk memaksimalkan kebersihan lingkungan terutama kebersihan sungai sebagai sumber kehidupan,” kata Kolonel Alit Yudana. *mis

Komentar