nusabali

Personel GBN Bali Raih Juara Dua Bintang Radio Indonesia

  • www.nusabali.com-personel-gbn-bali-raih-juara-dua-bintang-radio-indonesia

Salah satu personel paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) 2015 asal Bali, Ni Made Sarah Manacika Naraswari meraih juara kedua Bintang Radio Indonesia kategori wanita yang berlangsung di Auditorium Abdul Rahman Saleh RRI, Jakarta Pusat pada 22-29 November kemarin.

JAKARTA, NusaBali
“Perasaan Sarah senang sekali, akhirnya Bali bisa kembali meraih juara kedua setelah tiga tahun menanti,” ujar Sarah kepada NusaBali, Kamis (3/12). Menurut Sarah, wakil dari Pulau Dewata, Keke Monike Adiba menjadi juara kedua pada tahun 2012. Pasca Keke tidak ada lagi perwakilan dari Bali tembus dua besar.

Oleh karena itu, ia sangat bahagia dan bangga mendapatkan hasil tersebut. Apalagi prestasinya diraih dengan penuh perjuangan. “Jadi jerih payah saya tidak sia-sia,” kata pelajar kelas 3 SMAN 1 Denpasar (12 IPA 5) ini. Untuk mencapai juara dua nasional, Sarah melewati berbagai tahapan. Ia mengawali dari seleksi tingkat provinsi Bali.

Di Bali, ia bersaing dengan 29 peserta. Di penyisihan ia membawakan lagu kepunyaan Novita Dewi berjudul ‘Sampai Habis Air Mataku’. Ia mampu membawakan lagu dengan baik dan penuh penghayatan. Alhasil Sarah masuk grand final tingkat provinsi. Di grand final, masing-masing peserta diundi untuk membawakan lagu. Beruntung perempuan kelahiran Denpasar, 10 September 1998 ini kembali membawakan lagu Novita Dewi sehingga tidak mengalami kesulitan. Terlebih dalam kancah provinsi, Sarah bukanlah peserta baru. Ia sebelumnya pernah mengikuti kompetisi itu. Sayang belum berhasil mewakili Pulau Seribu Pura, karena hanya sebagai juara harapan pertama.

Di tahun 2015 ini, Sarah mencoba kembali dan sukses menjadi juara pertama kategori wanita. Sebagai juara, Sarah berhak mewakili Bali di tingkat nasional. Ia mempersiapkan diri dengan matang. Sarah berlatih vokal setiap hari agar suaranya semakin bagus. “Rentang waktu antara kompetisi di provinsi ke nasional dua bulan. Selama itu, saya terus berlatih,” terangnya.

Menurut rencana, Bintang Radio Indonesia tingkat nasional berlangsung di Jambi pada 17 Oktober. Berhubung kondisi di Jambi tidak memungkinkan, kompetisi pindah ke Jakarta. Tanggal penyelenggaraan pun diundur menjadi 22-29 November. Adanya pengunduran waktu menyebabkan pola latihan berubah. “Karena diundur, latihan mulai jarang. Namun saya tetap menyediakan waktu latihan,” kata putri dari pasangan Ni Made Ratnadi dan I Wayan Suarba ini. Di Pusat, Sarah bersaing dengan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Total ada 130 peserta. Dari 130 diambil 30 besar yakni 15 wanita dan 15 pria.

Sarah lolos 15 besar melalui lagu Novita Dewi, ‘Sampai Habis Air Mataku’. Kemudian 15 peserta diperkecil menjadi 10 besar. Lagi-lagi Sarah mendapat jatah membawakan lagu Novita Dewi tersebut. Lagu itu pula mengantarkan dia masuk lima besar. Di lima besar atau grand final Sarah menyanyikan lagu Angel Pieter, ‘Terburu Cinta’.  Hasilnya ia dinobatkan sebagai juara kedua. 7 

Komentar