nusabali

Tim Satgas Gencarkan Vaksinasi Siswa

  • www.nusabali.com-tim-satgas-gencarkan-vaksinasi-siswa

SEMARAPURA, NusaBali
Pencapaian vaksinasi dosis pertama untuk siswa usia 12 - 17 tahun di Klungkung, baru 98 persen.

Vaksinasi siswa tahap kedua saat ini sedang berlangsung. Hal ini tidak terlepas dari peran Tim Satgas Covid-19 dalam menggencarkan vaksinasi.  Kepala Dinas Pendidikan Klungkung I Ketut Sujana menjelaskan, vaksinasi pertama terhadap siswa sudah mencapai 98 persen. "Untuk vaksinasi tahap kedua untuk siswa sedang berlangsung," ujar Sujana, Rabu (1/9.

Kendati pencapaian vaksinasi sudah tinggi, hingga saat ini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) belum bisa dilaksanakan. Karena Klungkung saat ini masih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. "Kami dan anak-anak tentu sangat merindukan PTM. Namun kami harus tetap waspada akan kesehatan dan keselamatan bersama melalui disiplin prokes," kata Sujana.

Jika level PPKM di Klungkung sudah diturunkan dan bisa PTM, jelas Sujana, maka Disdik akan segera mengajukan permohonan PTM kepada Ketua Satgas Covid-19 Klungkung dalam hal ini  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Namun, secara kesiapan semua sekolah dan guru di Klungkung sudah siap dalam menerapkan PTM. "Semua sekolah sudah siap terkait prokes," kata Sujana.

Sementara itu, Tim Vaksinator Polres Klungkung saat ini sudah menggelar vaksinasi tahap II untuk para siswa. Di lokasi pelayanan vaksinasi anti Covid-19, para calon penerima vaksin juga dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum menerima suntikan vaksin Covid-19.

Pemeriksaan dilakukan oleh petugas kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh dan tekanan darah, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait informasi status kesehatan calon penerima vaksin oleh tenaga kesehatan.

Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana menyatakan gerai vaksin didirikan sebagai upaya percepatan penanganan pencegahan penyebaran Covid -19 demi terwujudnya herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap Covid-19. "Saya berpesan meskipun sudah dilakukan vaksin, masyarakat tetap harus disiplin menerapkan prokes," kata AKBP Dhanu. *wan

Komentar