nusabali

Hajar Dortmund, Bayern Cetak Rekor Piala Super

  • www.nusabali.com-hajar-dortmund-bayern-cetak-rekor-piala-super

DORTMUND, NusaBali
Bayern Muenchen meraih trofi Piala Super Jerman 2021 untuk kesembilan kalinya, usai menghajar tuan rumah Borussia Dortmund 3-1, di Signal Iduna Park, Rabu (18/8) dinihari Wita.

Gelar itu menjadi rekor bagi Bayern sebagai klub pemenang Piala Super terbanyak di Jerman. Trofi itu menandai raihan pertama Bayern di bawah pelatih barum Julian Nagelsmann, yang menggantikan Hansi Flick.

Dua tahun beruntun, laga yang biasanya menandai awal musim kompetisi sepakbola Jerman itu dilangsungkan setelah pekan pembuka Liga Jerman dimainkan.  Dua dari tiga gol Bayern dicetak Robert Lewandowski dan satu gol lain yang dicetak Thomas Mueller, sedangkan gol Dortmund dicetak Marco Reus.

Raihan trofi itu tak ubahnya kelanjutan proses penghormatan Bayern atas legenda klub, Gerd Mueller (75 tahun), yang meninggal dunia Minggu (15/8) lalu. Semasa bermain, Mueller mengenakan nomor punggung 9 dan nama serta nomor kebesarannya itu sempat tersemat dalam jersey khusus yang dikenakan para pemain Bayern saat melakukan sesi pemanasan jelang sepak mula di Signal Iduna Park.

Kini Bayern unggul tiga trofi lebih banyak dibandingkan Dortmund dalam daftar koleksi Piala Super Jerman sepanjang masa. Lima dari sembilan trofi itu dimenangi Bayern dalam satu dasawarsa terakhir, setelah ajang tersebut sempat dihentikan pada 1997 digantikan DFB Ligapokal dan baru kembali dimainkan sejak 2010.

Laga berlangsung seru sejak start menggambarkan label super yang tersemat untuk laga antara dua juara Jerman musim lalu tersebut. Bayern juara Bundesliga, dan Dortmund juara DBF Pokal.

Dortmund berpeluang membuka keunggulan pada menit ke-20 saat Jude Bellingham mengirimkan umpan kepada Reus. Namun situasi satu lawan satu kiper Bayern Manuel Neuer menggagalkan tembakan Reus dengan menjulurkan kakinya.  

Lalu Dortmund punya dua gol yang dianulir wasit, masing-masung lewat Youssoufa Moukoko dan Erling Haaland, karena dalam situasi offside

Bayern mengangkat trofi pertamanya musim ini dengan kemenangan 3-1 atas Dortmund, sekaligus mengobati kekecewaan setelah laga pembuka Liga Jerman berakhir imbang 1-1 melawan Borussia Moenchengladbach akhir pekan lalu. *ant

Komentar