nusabali

Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Badung Langsung Isoter

  • www.nusabali.com-pasien-terkonfirmasi-covid-19-di-badung-langsung-isoter

MANGUPURA, NusaBali.com - Pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Badung langsung dievakuasi ke tempat isolasi terpusat (isoter). Sementara pasien yang kini sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) sedang dalam proses pemindahan ke tempat Isoter.

Meski tak ada kendala berarti namun petugas di lapangan sering menjumpai masyarakat menolak isoter.  Hal ini diungkapkan Kapolres Badung, AKBP Leo Dedy Defretes saat simakrama dengan para wartawan di Mapolres Badung, Senin (16/8/2021) pagi. 

Dia mengatakan pasien Covid-19 yang sedang melakukan isoman wajib untuk Isoter. Agar proses pindahan para pasien ini dengan baik para petugas di lapangan baik TNI, Polri, bersama instansi terkait lainnya melakukan pendekatan. 

AKBP Dedy mengaku ada beberapa pasien yang enggan untuk dirawat di tempat isoter. Setelah diberi penjelasan semuanya mau. "Tujuan dari isoter ini untuk menekan penyebaran Covid-19. 

Apalagi Covid-19 varian Delta ini penyebarannya sangat cepat. Isoter ini juga untuk menjaga keluarga dan orang terdekat dari pasien sehingga bisa berdampak positif pada Bali. Kebanyakan yang tidak mau karena belum paham," ungkap AKBP Dedy.  

Agar tidak terjadi penumpukan pasien Isoman, sejak Minggu (15/8/2021) pasien terkonfirmasi Covid-19 langsung dibawa ke tempat isoter. Penambahan tempat isoter pun terus diupayakan. 

"Saat ini sedang diupayakan untuk penambahan tempat Isoter. Sedang dicari tempat untuk dilakukan Isoter berbasis kecamatan. Ini diupayakan karena ada masyarakat yang tak mau jauh dari rumah," ungkap perwira lulusan Akpol 2002 ini. 

Selama dua hari pasien isoman yang dipindahkan ke isoter 200-an orang.  Diungkapkan di wilayah hukum Polres Badung kasus tertinggi terjadi di Kecamatan Mengwi, Kecamatan Abiansemal, dan Kecamatan Kuta Utara. 

"Anggota Polres Badung yang dilibatkan dalam pemindahan Isoman ini sebanyak 150 orang. Kami menargetkan secepatnya para Isoman ini dipindahkan. Sampai saat ini kami tak ada kendala. Saya minta tolong kepada rekan-rekan media untuk berkolaborasi untuk memberi edukasi," tandasnya. *pol

Tempat Isoter di Badung :
-Hotel Bakung Beach sebanyak 150 bed
-Wisma Bima I 46 bed 
-Wisma Bima II 55 bed
-Hotel Made Bali 200 bed
-Hotel Bakung Sari 130 bed
-Kantor Balai Diklat Agama Denpasar 35 bed
-Hotel Fashion Legian 200 bed
-Rusunawa Udayana 128 bed 
*Data hingga Senin (16/8/2021)

Komentar