nusabali

Hektaran Hutan di Kintamani Terbakar Lagi

  • www.nusabali.com-hektaran-hutan-di-kintamani-terbakar-lagi

Mekipun sudah memasuki awal musim hujan, peristiwa kebakaran kembali melalap lahan hutan di Banjar Peketan, Desa Sukawana, Kecamatan Kintamani, Bangli.

BANGLI, NusaBali
Seperti terjadi terjadi pada Sabtu (14/11) sore, si jago merah melalap hekataran hutan, bahkan nyaris memasuki pemukiman warga. Untuk menjinakkan amukan api, dua unit Mobil Damkar Pemkab Bangli, langsung meluncur ke lokasi.

Perbekel Desa Sukawana, I Ketut Nonog, saat dikonfirmasi menjelaskan, kalau kobaran tersebut sejatinya sudah tejadi Jumat (13/11), sekitar pukul 17.00 Wita, hanya saja titik api sangat kecil. Sehingga masyarakat tidak begitu cemas. Namun, karena saat itu cuaca lagi terik, api terus membesar. Hingga pada Sabtu (14/11), sekitar pukul 16.30 Wita. “Warga kami sangat panik, karena api tiba-tiba membesar bahkan nyaris sampai di pemukiman warga, yakni sekitar 10 meter,” ujarnya via telepon, Senin (15/11).

Kemudian masyarakat pun mencoba melakukan pemadaman secara menual, yakni dengan penyiraman. Hanya saja, terjalnya medan untuk menjangkau titik api. Masyarakat akhirnya kewalahan, hingga akhirnya pihaknya langsung menghubungi Damkar Bangli. “Setelah petugas Damkar datang ke lokasi, satu jam kemudian api akhirnya bisa dijinakkan, yakni sekitar pukul 17.30 Wita,” terangnya.

Sementara Kasi Damkar Bangli Pemkab Bangli, Anak Agung Kusuma, dikonfirmasi terpisah membenarkan kasus kebakaran tersebut. Pihaknya yang menerima laporan dari masyarakat langsung meluncur ke lokasi dengan dua buag unit Damkar.

“Kita langsung menyemprotkan air dari atas, yakni tepatnya di areal badan jalan. Sehingga api dalam hitungan yang lebih dari satu jam bisa dipadamkan. Untuk luas hutan yang terbakar, seluas sekitar 1 hektare,” sebutnya, seraya mengimbau pada masyarakat meskipun tengah memasuki musim hujan, agar tetap waspada dan tidak melakukan aktivitas pembakaran di areal hutan.

Komentar