nusabali

Dinas PUPR Rancang Jalan Lingkar Canggu-Pererenan

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-rancang-jalan-lingkar-canggu-pererenan

DED proyek jalan lingkar akan diusulkan pada Anggaran Perubahan 2018. Sementara untuk pekerjaan fisik akan diusulkan di 2019.

MANGUPURA, NusaBali

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung merancang membangun jalan lingkar penghubung antara Canggu, Kecamatan Kuta Utara dan Pererenan, Kecamatan Mengwi. Sebab selama ini jalur utama kerap dilanda kemacaten parah terutama pada jam sibuk dan saat akhir pekan.

Rencana pembangunan jalan lingkar atau semacam shortcut tersebut terungkap saat Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melakukan peninjauan lapangan, Rabu (3/1). Pada kesempatan tersebut Wabup didampingi Kadis PUPR Ida Bagus Surya Suamba, Camat Kuta Utara AA Ngurah Arimbawa, Camat Mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, Perbekel Desa Canggu Nengah Lana, Perbekel Desa Pererenan I Made Rai Yasa, serta sejumlah tokoh di dua desa tersebut.

Surya Suamba mengatakan untuk detail engineering design (DED) proyek jalan lingkar akan diusulkan pada Anggaran Perubahan Tahun 2018. Sementara untuk pekerjaan fisik akan diusulkan di 2019. “DED tersebut yang diutamakan adalah infrastruktur jalan di mana sangat minimnya akses jalan lingkar dari Kuta menuju Canggu, Pererenan, dan seterusnya,” tuturnya.
xz Panjang jalan lingkar rencananya bakal dibangun sepanjang 1 kilometer dengan lebar jalan 7 meter.

Wabup Suiasa mengakui, peninjauan lapangan yang dilakukan kemarin dalam rangka persiapan pembangunan jalan lingkar. Persoalan kemacaten di wilayah Canggu sudah harus mendapatkan penanganan, terlebih merupakan jalur pariwisata.

“Jadi kami hari ini (kemarin) mencari ruas-ruas serta ruang yang bisa dijadikan jalan ataupun penghubung Desa Canggu dengan Desa Pererenan, dengan harapan adanya semacam shortcut baik sepeda motor maupun roda empat yang dari Desa Canggu maupun dari arah Desa Pererenan, sehingga bisa mengurangi beban dari jalan utama,” katanya.

Pihaknya berharap pembangunan jalan lingkar ini bisa segera terwujud, karena menjadi salah satu yang cukup mendesak. “Pada hari ini (kemarin) kami melakukan survei dan untuk selanjutnya akan dibuatkan perencanaan teknis, dengan harapan tahun 2019 sudah terwujud,” harap Wabup Suiasa. Ditambahkan, untuk kepentingan jangka panjang pemerintah juga akan membuatkan grand design infrasuktur di Kecamatan Kuta Utara. *asa

Komentar