nusabali

Bupati-Bakamla Tandatangani Kerjasama Keamanan Laut

  • www.nusabali.com-bupati-bakamla-tandatangani-kerjasama-keamanan-laut

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri tandatangani naskah kerjasama keamanan laut dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) diwakili Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Inspektur Jenderal Polisi Dr Drs Abdul Gofur MH. Naskah penandatanganan kerjasama dilakukan di Ruang Kerja Bupati Karangasem, Rabu (6/12).

AMLAPURA, NusaBali
Kerjasama ini bertujuan menjaga keamanan laut di perairan Karangasem, mencegah terjadinya aksi pengeboman ikan, pencurian minyak, dan penyelundupan lewat laut.

Bupati Mas Sumatri didampingi Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Staf Ahli I Wayan Sutapa, Asisten III I Wayan Purna, Kabag Tata Pemerintahan I Made Sugiarta, Kabag Humas dan Protokol I Gede Waskita Suta Dewa, dan Kabag Kesra I Gede Basma. Sementara Bakamla dipimpin Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama, Irjen Abdul Gofur, Direktur Kerjasama Sandi SH MH, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Laksamana Pertama TNI Dr Drs I Wayan Warka MM, dan Kepala Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut Karangasem Prabu Airlangga.

Irjen Abdul Gofur menekankan, pentingnya menjalin kerjasama keamanan laut bukan saja untuk menghukum bagi yang melanggar di laut juga memberikan edukasi. Lebih banyak melakukan preventif, terhadap dugaan terjadinya aksi pengeboman ikan, pencurian terumbu karang, penyelundupan barang-barang ilegal dan kejahatan lainnya. “Bakamla punya tugas mengamankan laut, nantinya lebih banyak membina masyarakat untuk mencegah terjadinya aksi kejahatan di laut,” jelas Irjen Abdul Gofur.

Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Laksamana Pertama TNI I Wayan Warka berharap, naskah kerjasama yang telah ditandatangani segera diimplementasikan di lapangan. “Jangan sampai terjadi tindak kejahatan di laut. Walau belum terjadi, alangkah baiknya sejak dini melakukan pencegahan,” jelasnya.

Bupati Mas Sumatri menyambut baik kerjasama itu, sehingga laut di Karangasem bisa aman dari aksi-aksi kejahatan. Apalagi panjang pantai 87 kilometer, terpanjang kedua di Bali. “Kekayaan di laut sangat banyak, bukan hanya ikan, juga potensi wisata terutama wisata diving, selama ini jadi andalan industri pariwisata. Potensi itu yang perlu diselamatkan terkait keberlangsungan terumbu karang,” ujar Bupati Mas Sumatri. *k16

loading...

Komentar