nusabali

Air Sungai Meluap, Rumah Warga Tergenang

  • www.nusabali.com-air-sungai-meluap-rumah-warga-tergenang

Sebuah rumah nelayan di Kelurahan Kaliuntu, Kecamatan Buleleng, Buleleng, tergenang air akibat air sungai setempat meluap, Selasa (21/11) sore.

SINGARAJA, NusaBali

Akibatnya tiga kepala keluarga (KK) masing-masing Komang Sudarsana, Kadek Gelgel, dan Kadek Widiarta, penghuni rumah tersebut mengungsi ke tetangga terdekat.

Air sungai meluap itu merupakan aliran pembuangan langsung ke laut. Sedangkan rumah yang tergenang berada di pemuangan akhir dekat pantai. Air sungai yang meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Singaraja dan sekitarnya sejak Selasa siang. Luapan air juga membawa sampah kiriman dari daerah hulu. Rumah yang tergenang air terdampak luberan sampah. Air yang meluap masuk hingga ke kamar tidur dan dapur.

Lurah Kaliuntu Ni Ketut Artini mengatakan, sebelum kejadian hujan deras turun sejak siang hingga petang kemarin. Aliran kali di dekat rumah korban tiba-tiba volume airnya terus membesar. Air itu kemudian meluap dan membanjiri rumah korban. Saat kejadian, pemilik rumah sedang istirahat. Penghuni rumah tidak sempat memindahkan perlengkapan rumah, karena tiba-tiba saja air meluap. “Kami masih mendata untuk dilaporkan ke kecamatan dan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencaa Daerah). Penyebabnya karena volume air di kali terus membesar, sehingga airnya menggenangi rumah warga kami,” jelasnya.

Sementara akibat hujan deras, sejumlah ruas jalan di Kota Singaraja terendam akibat saluran got banyak yang tersumbat. Rata-rata genangan air mencapai diatas pergelangan kaki. Ruas jalan yang terendam itu seperti di Jalan Ahmad Yani Barat. Air ini meluap ke badan jalan karena saluran irigasi subak di pinggir tersumbat sampah. *k19

Komentar