nusabali

FENG-SHUI : Partisi (Penyekat Ruangan) (Bag.2)

  • www.nusabali.com-feng-shui-partisi-penyekat-ruangan-bag2

Partisi bisa menjadi penyalur energi yang bagus. Untuk tempat-tempat dengan Chi yang kotor, seperti: gudang, kamar mandi atau WC, maka penempatan partisi di muka pintunya tidak akan mubazir.

Mencegah Masuknya Chi Kotor

Partisi di depan pintu kamar mandi akan berfungsi sebagai penghalang Chi bagus dari dalam rumah bocor dan terbuang percuma ke dalam kamar mandi. Selain itu, partisi tersebut sekaligus juga berguna untuk menjaga agar supaya Chi kotor dari kamar mandi tidak menyelinap masuk ke dalam rumah.

Bagi Anda yang mempunyai kamar mandi yang menyambung ke kamar tidur, atau yang mempunyai kamar mandi di dalam kamar tidur, tidak bisa ditawar lagi. Anda perlu memasang partisi di depan pintu kamar mandi, untuk menutup kamar mandi itu dari pandangan langsung penghui kamar. Dengan demikian, Chi kotor dari kamar mandi tidak akan langsung masuk ke dalam kamar tidur.

Ruangan yang tidak mendapat pasokan energi segar, menjadi penyebab buruknya kualitas energi sebuah rumah. Tapi, tidak hanya itu. Penyaluran energi buruk yang salah, juga bisa membuat kotornya Chi di dalam rumah. Misalnya, Chi kotor dari kamar mandi yang tidak terbuang dengan baik ke luar rumah, bisa merusak kesehatan penghuni rumah tersebut.

Penyebab Chi Baik Terhalang

Ada banyak penyebab mengapa Chi baik tidak berhasil mencapai ruangan-ruangan tertentu.Pertama, apabila Chi yang masuk ke dalam rumah tidak diarahkan agar supaya kuat penyebarannya, maka Chi yang tadinya bagus, bisa menjadi terpencar, tidak terarah, dan tidak bisa memenuhi kebutuhan Chi bagi rumah. Seperti aliran selang yang di sisi-sisinya dilubangi, maka air di dalam selang tidak akan kuat mengalir sampai ke ujung selang. Air itu akan buyar ke mana-mana dan alirannya menjadi lemah.

Kedua, apabila Chi yang masuk mengalir ke dalam suatu lorong yang panjang, maka Chi tersebut akan melemah, karena makin jauh Chi berjalan, maka akan makin berkurang daya dan manfaatnya. Untuk itu, pasanglah partisi di dalam lorong itu secara simetris di sisi kiri, lalu beberapa meter lagi di sisi kanan. Sehingga, Chi bisa berkelok dan bergerak terus diarahkan oleh partisi. Selain itu, Chi yang masuk ke lorong, bisa juga berubah menjadi Sha Chi atau Chi buruk. Karena, bila lurus saja tempat Chi tersebut mengalir, maka Chi tersebut akan berubah menjadi tajam. Partisi diperlukan di lorong tersebut agar supaya arus Chi yang mengalir kencang bisa ditahan, sehingga Chi bisa bergerak perlahan dan alirannya menjadi lembut. Sebab, Chi yang baik adalah yang bergerak perlahan dan alirannya menjadi lembut. Sebab, Chi yang baik adalah yang bergerak perlahan dan konstan, serta harmonis.

Mengingat fungsinya tersebut, maka partisi sebaiknya berbentuk rata, tidak berbelok-belok seperti kebanyakan divider ukiran kayu. Carilah partisi yang bisa berdiri tegak lurus dengan permukaan rata, agar supaya energi yang lewat bisa mengalir lancar dan tidak terganggu. Energi yang membentur permukaan partisi yang berkelok-kelok akan menjadi kacau, berubah menjadi energi jahat, atau malah tidak hidup.

Lalu, bagaimana jika Anda sudah terlanjur memiliki partisi yang untuk berdiri saja posisi lipatannya harus dibelok-belokkan. Jenis itu masih bisa dipakai, tapi hanya untuk penghalang pandangan, bukan untuk membentuk atau mengolah energi. Partisi yang cocok memang tidak selalu mudah ditemui di toko. Tapi, untuk benda yang fungsinya penting seperti pengolah energi tersebut, tentunya kita akan rela berburu partisi kuno di pasar barang antik. *

loading...

Komentar