nusabali

PHDI Banten Lantik Pengurus Pecalang

  • www.nusabali.com-phdi-banten-lantik-pengurus-pecalang

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja melantik pengurus Badan Kesehatan dan Pemberdayaan Umat dan Badan Keamanan Adat/Pecalang Hindu Provinsi Banten masa bakti 2017-2022.

JAKARTA, NusaBali

Pelantikan dilakukan usai pengobatan gratis di Pura Eka Wira Anantha, Serang, Banten pada Minggu (1/10). Alit berharap, kedua badan tersebut bisa berjalan baik. "Nantinya mereka tidak hanya bertugas di Serang saja, tetapi ke tempat lainnya juga bisa," ujar Alit kepada NusaBali.
 
Alit menjelaskan, Badan Kesehatan dan Pemberdayaan Umat berisikan para dokter, perawat dan bidan beragama Hindu di provinsi Banten. Badan tersebut menangani bakti sosial dan pengobatan gratis. Hal tersebut telah mereka lakukan pada Minggu (1/10) dengan menggelar pengobatan gratis dalam rangka odalan Pura Eka Wira Anantha di Serang. Kegiatan itu terlaksana berkat kerjasama dengan Yayasan Abdi Dharma Jagadita Pusat.
 
Nantinya, kata Alit, Badan Kesehatan dan Pemberdayaan Umat tidak hanya melakukan kegiatan di Serang saja. Melainkan di daerah lain yang berada di wilayah provinsi Banten. Alit memaparkan Badan Kesehatan dan Pemberdayaan Umat sudah ada di provinsi lain. Namun untuk provinsi Banten baru diresmikan. Begitupula dengan Badan Keamanan Adat/Pecalang Hindu.
 
Badan Keamanan Adat/Pecalang Hindu, tugasnya antara lain mengamankan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh umat Hindu provinsi Banten. Sampai saat ini sudah ada 75 orang pecalang. Mereka tidak hanya menjaga keamanan kegiatan di wilayah Banten saja.
 
Mereka pernah berpartisipasi dalam kegiatan di tingkat pusat. Salah satunya saat Dharma Santi Nasional 2017 berlangsung di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Banten mengirimkan sebagian anggota pecalangnya. Mereka juga kerap mengamankan kegiatan lain seperti acara perayaan Natal dan Idul Fitri. *k22

Komentar