nusabali

Anggaran Paskibraka Dinilai Masih Minim

  • www.nusabali.com-anggaran-paskibraka-dinilai-masih-minim

Untuk menyiasati terbatasnya anggaran, Pemkab Bangli mengikutsertakan anggota Paskibraka tahun sebelumnya. Jumlahnya separuh dari total anggota Pasikbraka.

BANGLI, NusaBali 
Anggaran yang diperuntukkan bagi pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Pemkab Bangli sebesar Rp 599.739.000. Nominal anggaran yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangli, tersebut dinilai masih minim. 

Kasi Pemuda Disdikpora Bangli I Ketut Artha dikonfirmasi terkait alokasi dana untuk pembentukan paskibraka, menjelaskan untuk tahun ini pada  HUT ke-72 RI, pemkab menganggarkan dana sebesar Rp 599.739.000. 

Menurutnya dana sebesar tersebut dianggapnya sangat minim, sehinga berbagai langkah diambil, salah satunya merekut kembali anggota paskibraka tahun lalu. “Total 80 orang anggota paskibraka, 40 orang adalah  anggota paskibraka tahun lalu,” ungkap Ketut Artha, Selasa (18/7). 

Dengan merekrut eks paskibraka tahun lalau, maka biaya dapat ditekan, seperti untuk pengadaan pakaian dinas upacara (PDU). Anggota paskibraka tahun lalu tidak lagi mendapat jatah PDU. Anggota paskibraka bisa menggunakan PDU yang diterima sebelumnya, lantaran jika merekrut anggota baru tentu dananya tidak cukup.

Dijelaskannya, anggaran sebesar Rp 599.739.000 peruntukanya buat pembiayaan beberapa kegiatan, seperti untuk pengadaan pakaian dinas lengkap dengan atributnya, konsumsi, untuk jasa pelatih/instruktur, dan tak ketinggalan untuk jasa tenaga ahli, instruktur, dan narasumber  

Untuk pembelian pakaian dinas plus atribut saja membutuhkan anggran Rp 58.000.000, sedangkan untuk untuk jasa tenaga ahli, istruktur/narasumber  sebesar Rp 5.700.000, untuk uang saku perserta pelatihan menyedot dana Rp 101.000.000, sementara untuk jasa pelatih/instruktur sebesar Rp 55.320.000, sertau ntuk biaya konsumsi sebesar Rp 166.000.000. “Masih ada beberapa item lagi yang perlu pendanaan,” sebut Ketut Artha.

Sementara untuk pelatih/instruktur melibatkan 2 anggota dari Kodim 1626 Bangli, 2 anggota dari Polres Bangli, dan 3 orang dari anggota purna Paskibraka Kabupaten Bangli.

Kemudian untuk rekrutmen, yakni tahap awal dilakukan penjajakan ke sekolah-sekolah, dari hasil penjajakan terkumpul sebanyak 150 orang  peserta. Dari total jumlah tersebut akhirnya setelah menjalani seleksi di kabupaten disaring menjadi 40 orang peserta.

Latihan akan dimulai pada 27 Juli, dan untuk latihan fisik akan dipusatkan di Lapangan Kubu Bangli. Dua pekan sebelum  hari H, latihan baru akan dipusatkan di Lapangan Kapten Muditha. *e

Komentar