nusabali

Dinas PUPR Perkim Buat Terowongan Sepanjang 530 Meter

  • www.nusabali.com-dinas-pupr-perkim-buat-terowongan-sepanjang-530-meter

BANGLI, NusaBali
Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukikan (PUPR Perkim) Bangli membuat terowongan sepanjang 530 meter di Banjar Tegalalang, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli.

Pembuatan terowongan secara manual ini merupakan rehabilitasi jaringan irigasi Daerah Irigasi (DI) Sidembunut Kanan. Proyek yang dimulai awal Juli ini sudah tembus 259 meter. 

Kasi Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Dinas PUPR Perkim Bangli, Ida Bagus Adnyana mengatakan dalam proyek rehabilitasi jaringan DI Sidembunut Kanan ada beberapa item pekerjaan, di antaranya terowongan air, bangunan penguras, dan bendung. Pengerjaan terowongan air sepanjang 530 meter, lebar 80 cm, dan tinggi 110 centimeter. Terowongan yang sudah berhasil digali sepanjang 259 meter. “Setelah proses penggalian kelar, dilanjutkan pemasangan beton prikes,” jelas Ida Bagus Adnyana, Rabu (28/7). 

Dinas PUPR Perkim Bangli sudah mengecek langsung ke pabrik untuk mengecek ketersediaan beton prikes. Diperkirakan pengiriman dilakukan awal Agustus nanti. Pejabat asal Banjar Brahmana Pande, Kelurahan Cempaga ini menyebutkan, pengerjaan utama yakni membangun bendung. “Kami terus pantau progress pekerjaan di lapangan. Jika tidak sesuai jadwal, rekanan kami berikan surat peringatan,” tegasnya. Kegiatan ini diharapkan tuntas tepat waktu, apalagi hampir dua tahun krama subak tidak dapat air. Rehabilitasi jaringan irigasi DI Sidembunut Kanan dengan anggaran Rp 8.007.650.000 dari DAK. Setelah melalui proses tender, PT Multi Global Konstrindo menjadi pemenang dengan penawaran Rp 4.371.472.215. 7 esa

Komentar