nusabali

Plt Kadisdikpora Mendadak Diganti Jelang PPDB

Jabatan Plt Kini Dirangkap Asisten III IGN Edy Mulia

  • www.nusabali.com-plt-kadisdikpora-mendadak-diganti-jelang-ppdb

Beredar isu penggantian Plt tersebut karena tidak mengetahui jadwal pengumuman ujian SMP di Kota Denpasar saat ditanya Walikota Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar yang ditempati AA Gede Wijaya Asmara mendadak diganti, Senin (7/6). Posisinya kini digantikan I Gusti Ngurah Edy Mulia yang kini menjabat Asisten III (Administrasi Umum) Setda Kota Denpasar. AA Made Wijaya Asmara alias Gung Jaya sebelumnya merangkap Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar. Pasca pergantian, kini dia kembali fokus ke jabatannya tersebut. Beredar isu penggantian Plt tersebut hanya karena tidak mengetahui jadwal pengumuman ujian SMP di Kota Denpasar saat ditanya Walikota Denpasar.

Padahal, saat sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Denpasar di DPRD Kota Denpasar, Jumat (4/6) masih dihadiri oleh Gung Wijaya. Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar, I Komang Adi Wirawan saat dihubungi mengungkapkan penggantian ini merupakan instruksi Walikota Denpasar. Dia mengaku hanya diperintah untuk membuat surat pelaksanaan mutasi.

Adi Wirawan mengatakan tidak mengetahui apa alasan penggantian yang dilakukan kepada Plt sebelumnya, yakni Gung Jaya. "Saya tidak tahu ya alasannya apa. Yang jelas saya diperintah untuk membuat surat pengganti Plt sebelumnya ke Plt yang baru," ungkapnya.

Menurut dia, Gung Jaya digantikan oleh Asisten III Setda Kota Denpasar, IGN Edy Mulia. Dia bertugas dalam kurun waktu selama seleksi pejabat eselon II B kembali dilakukan dan dilantik. Pelaksanaan lelang jabatan baru bisa dilakukan enam bulan setelah masa jabatan Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa.

Penggantian jabatan Plt Kadisdikpora ini dilakukan menjelang PPDB. Pendaftaran PPDB SMP Negeri sendiri akan dilakukan mulai 18 Juni 2021 mendatang. Sementara, Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana saat dikonfirmasi via telepon tidak bisa dihubungi. Kendati nomornya aktif tetap tidak diangkat. Begitu juga saat dihubungi via Whatsapp kendati online namun chat tidak di balas.

Sementara Mantan Plt Kadisdikpora Kota Denpasar yang sekaligus merupakan Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar, AA Made Wijaya Asmara saat dihubungi enggan mengungkap alasan dirinya diganti. Menurutnya, itu kewenangan dari Walikota Denpasar dan memang biasa dalam struktur organisasi pemerintah. "Itu kebijakan Walikota jadi saya sebagai Plt kan hanya menuruti perintah saja. Dan tugas saya kembali ke Sekretaris," ujarnya. *mis

Komentar