nusabali

Dukung Duta Jembrana, Bupati Tamba dan Wabup Ipat Saksikan Parade Gong Kebyar Anak di PKB

  • www.nusabali.com-dukung-duta-jembrana-bupati-tamba-dan-wabup-ipat-saksikan-parade-gong-kebyar-anak-di-pkb

NEGARA, NusaBali
Sebagai bentuk dukungan kepada duta Kabupaten Jembrana, Bupati I Nengah Tamba dan Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) bersama istri masing-masing, hadir menyaksikan parade gong kebyar anak pada Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021 di Panggung Terbuka Ardha Candra Taman Budaya, Denpasar, Minggu (30/5) malam.

Pada kesempatan tersebut, tampil Sekaa Gong Kebyar Anak Gargitha Panca Swara dari Desa Banyubiru, Kecamatan Negara.  Duta Kabupaten Jembrana tampil sebanyak 3 kali secara bergiliran dengan duta Kabupaten Badung. Penampilan yang pertama, Sekaa Gong Kebyar Anak Gargitha Panca Swara membawakan tabuh kreasi pepanggulan dengan judul Banyubiru. Tabuh tersebut mengandung arti jernih dan menyebabkan air laut menjadi berwarna biru. Sekilas terlihat tenang, namun sejatinya menghanyutkan. Semakin dalam, semakin terlihat tenang dan semakin menghanyutkan.

Pada penampilan kedua membawakan Tari Cempaka Putih, dan yang menjadi penampilan pamungkas adalah tari kreasi Lanjana. Tari kreasi tersebut bercerita tentang seekor burung kecil yang sangat cepat, lincah, dan dapat terbang begitu tinggi di atas persawahan untuk mencari makan. Namun Sang Lanjana terkejut dengan adanya burung besar dengan nama Sang Muun. Sang Muun merasa dirinya besar dan kuat, menjadikan dirinya sombong dan mengganggu burung-burung kecil. Melihat perilaku itu, Sang Lanjana menantang Sang Muun untuk adu terbang tinggi, dan tanpa berpikir panjang Sang Muun menyetujuinya. Ketika adu terbang, Sang Lanjana hinggap di pundak Sang Muun sambil terus mematuk kepala Sang Muun hingg berdarah dan tidak sadarkan diri. Akhirnya, Sang Muun pun terjatuh dari ketinggian dengan luka yang parah.

Seusai pementasan tersebut, Bupati Tamba menyampaikan sangat mengapresiasi semangat dan kekompakan Sekaa Gong Kebyar Anak Gargitha Panca Swara. Sekaa ini menampilkan tabuh dengan judul Banyubiru, kemudian Tari Cempaka Putih, dan yang terakhir mementaskan Tari Kreasi Sang Lanjana.

“Terima kasih kepada Sekaa Gong Kebyar Anak Gargitha Panca Swara, Desa Banyubiru sebagai duta Kabupaten Jembrana yang sudah tampil luar biasa dan semoga memperoleh hasil yang memuaskan,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba menambahkan, PKB tahun ini tidak seperti PKB pada tahun-tahun sebelumnya yang dipadati banyak penonton untuk menyaksikan setiap pementasan. Hal tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 belum mereda. Namun, dirinya yakin duta Jembrana yang tampil tahun ini, tetap semangat membawakan penampilan terbaik. “Semoga itu tidak mematahkan semangat adik-adik sebagai duta Jembrana dalam memberi penampilan terbaik. Tentu harus sebaliknya. Yaitu memberikan penampilan secara maksimal dan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Selain Bupati Tamba serta Wabup Ipat, hadir pula Pj Sekda Jembrana I Nengah Ledang dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Jembrana. *ode

Komentar