nusabali

Kantor Kemenag Karangasem Usulkan 17 Guru Agama Islam

  • www.nusabali.com-kantor-kemenag-karangasem-usulkan-17-guru-agama-islam

AMLAPURA, NusaBali
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karangasem mengajukan formasi 17 guru Agama Islam dan 67 guru madrasah berstatus PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Idealnya Karangasem memerlukan 65 guru untuk guru agama Islam dan guru madrasah. Saat ini kantor Kemenag Karangasem masih menunggu pemberitahuan resmi rekrutmen syarat-syaratnya dari pemerintah pusat.

Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Karangasem Asmuni seizin Kepala Kantor Ida Bagus Mastika mengatakan jatah yang tersedia di pusat hanya untuk guru berstatus PPPK. “Kami sudah ajukan formasi itu, terutama yang berstatus guru honorer agar berubah statusnya jadi guru PPPK,” ungkap Asmuni, Jumat (26/3). Dari 36.798 formasi guru PPPK untuk Kemenag se-Indonesia masing-masing guru madrasah sebanyak 9.495 formasi, guru untuk sekolah negeri sebanyak 27.303 formasi, dan 22.927 guru agama Islam.

Selebihnya sebanyak 2.737 formasi guru agama Kristen, 1.207 formasi guru agama Katolik, 403 formasi guru agama Hindu, dan 39 formasi untuk guru agama Buddha. “Jadi kami masih menunggu pemberitahuan pusat lebih lanjut mengenai rekrutmen dan syarat-syaratanya,” jelas Asmuni. Idealnya di Karangasem memerlukan 65 guru untuk guru agama Islam dan guru madrasah. Apalagi sejak tahun 2019 tercatat 5 guru purnatugas sehingga yang tersisa hanya 35 guru mengajar di 50 sekolah.

Misalnya guru H Suhaimi mengajar di 6 sekolah yakni SDN 2 Padangbai, SDN 1 Antiga Kelod, SDN 2 Antiga, SDN 3 Antiga Kelod, SMKN Manggis, dan SMA Negeri Manggis. Begitu juga guru Dewi Meigawathi mengajar di 5 sekolah yakni SDN 3 Ulakan, SDN 1 Sengkidu, SDN 6 Antiga, SDN 1 Ulakan, dan SMPN 1 Manggis. Hanya 4 guru agama Islam yang mengajar di tiga sekolah, masing-masing Azanudin mengajar di SMAN 1 Amlapura, SMK PGRI Amlapura, dan SMK Widya Wisata Graha Amlapura. Syamsudin mengajar di SMAN 2 Amlapura, SMK Nasional, dan SMK Widya Darma Prasanti Amlapura. Mohammad Mirwan Akbar mengajar di SMKN 1 Amlapura, SMKN Abang, dan SMAN Kubu.

Sedangkan Helmi Zein mengajar di SMK Saraswati Amlapura, SMA PGRI Amlapura, dan SMK TI Global Amlapura. Selebihnya lima guru lainnya hanya mengajar di dua sekolah, masing-masing Faridah di SDN 1 Bukit dan SDN 3 Subagan Kecamatan Karangasem, Saprudin di SDN 2 Bukit dan SDN 4 Seraya Barat Kecamatan Karangasem, HM Kudus di SDN 4 Bukit dan SMP PGRI Karangasem, Sokhti di SDN 4 Manggis dan SDN 1 Sengkidu Kecamatan Manggis, dan Muhammad Bahrudin di SMPN 1 Sidemen dan SMAN Sidemen. *k16

Komentar