nusabali

Tiga Mobil Puskesmas Keliling Rusak

  • www.nusabali.com-tiga-mobil-puskesmas-keliling-rusak

Mobil Puskemas Keliling itu nyanglek karena onderdil rusak dan spare part sulit didapat.

TABANAN, NusaBali
Tiga unit mobil puskesmas keliling bantuan pemerintah pusat untuk Kabupaten Tabanan kondisinya rusak. Dari empat unit mobil bantuan itu, hanya satu unit masih bisa difungsikan di Puskesmas Kediri I. Sementara tiga unit mobil yang rusak kini teronggok di Puskemas Selemadeg I, Puskesmas Kerambitan I, dan Puskesmas Tabanan I.

Pantauan di Puskesmas Tabanan I yang berlokasi di Jalan Yeh Gangga, Banjar Cengolo, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, mobil dengan nomor polisi DK 212 G teronggok di halaman puskesmas. Ban kendaraan terlihat kempes, berdebu, kusam, dan besinya karatan. Mobil ini sudah telantar sejak setahun lalu. “Tak bisa diperbaiki karena onderdilnya rusak. Rusak sejak satu tahun lalu,” ujar salah satu pegawai TU Puskemas Tabanan I, Ida Bagus Gede Ardana, Selasa (29/11).

Ardana menjelaskan, kerusakan mobil itu sudah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan. Hanya saja Dinas Kesehatan tidak ada tempat menampung, sehingga dititipkan di Puskesmas Tabanan I. “Status mobil ini dititip karena tidak ada tempat untuk menampung di Dinas Kesehatan,” terang Ardana. Tabanan, dr Nyoman Suratmika menerangkan, menerima 4 unit mobil bantuan pusat melalui provinsi pada tahun 1999-2000. Namun tiga mobil puskesmas keliling itu rusak dan tidak bisa dioperasikan karena onderdil rusak dan spare part sulit didapat. Satu unit masih dalam kondisi bagus dan masih dioperasikan di Puskesmas Kediri I.

Suratmika menegaskan, meski tiga unit mobil puskesmas keliling rusak, pelayanan kesehatan di tiga puskesmas tersebut tak terhambat. Sebab setiap puskemas ada mobil pelayanan keliling yang baru. “Setiap Puskesmas Induk sudah ada mobil keliling, jadinya tidak mengganggu,” tandasnya. Pihaknya berencana melakukan penghapusan aset. Saat ini belum bisa karena belum melalui proses hibah. * cr61

Komentar