nusabali

Kursi DPRD Gianyar Bisa Bertambah Lima

Di Pemilu 2024, Faktor Jumlah Penduduk Capai 500.000 Jiwa Lebih

  • www.nusabali.com-kursi-dprd-gianyar-bisa-bertambah-lima

Selain penambahan kursi, jika sebelumnya terdapat 5 Dapil pada pemilu 2024 nanti semua kecamatan diperkirakan akan menjadi dapil tersendiri.

GIANYAR, NusaBali

Komisi I DPRD Gianyar melaksanakan rapat kerja dengan KPU Gianyar, Badan Pusat Statistik (BPS) dan Disdukcapil Gianyar di Kantor DPRD Gianyar, Rabu (17/3). Dalam raker terungkap jumlah penduduk Kabupaten Gianyar saat ini melebihi 500.000 jiwa.

Di hadapan Komisi I, Kadis Dukcapil Gianyar Putu Gede Bhayangkara mengungkapkan jumlah penduduk Gianyar sampai Februari 2021 sebanyak 504.012 jiwa. Sedangkan wajib KTP sejumlah 388.316 jiwa dan belum melakukan perekaman sebanyak 24.827 jiwa. Dengan komposisi penambahan penduduk rata-rata 7.400 jiwa per tahun, maka jumlah penduduk Gianyar di tahun 2024 diprediksi 522.000 jiwa.

Ketua Komisi I DPRD Gianyar, Nyoman Amertayasa mengharapkan Disdukcapil Gianyar terus proaktif mengejar penduduk yang masih lalai melakukan perekaman e-KTP. Mengingat data tersebut sangat menentukan saat pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh KPU terkait jumlah penduduk dan pemilih. "Bila jumlah penduduk di atas 500.000, maka memungkinkan penambahan kursi di DPRD Gianyar yang saat ini 40 kursi menjadi 45 kursi," jelas Amertayasa.

Anggota KPU Gianyar, AA Eka Putra menjelaskan sampai saat ini KPU masih menemui hambatan dalam mengakses data kependudukan di Disdukcapil. "Data kependudukan bersifat rahasia, sehingga KPU sendiri tidak bisa mendapatkan akses langsung masuk ke server Dukcapil," jelas Agung Eka Putra.

Sehingga data kependudukan yang didapat berdasarkan permohonan data kependudukan ke Dukcapil. Namun data yang dipakai dalam penentuan kursi Dewan Gianyar adalah data Dukcapil yang disetor Oktober 2021 nanti.  Bila prediksi Dukcapil sinkron dengan data pusat dan data BPS, maka besar kemungkinan kursi di DPRD Gianyar bertambah 5 kursi. Sedangkan yang sebelumnya terdapat 5 Dapil, pada pemilu 2024 nanti semua kecamatan diperkirakan akan menjadi dapil tersendiri. Skema pembagian kursi nanti diperkirakan Dapil Sukawati 10 kursi, Blahbatuh 6 kursi, Gianyar 9 kursi, Tampaksiring 5 kursi, Ubud 6 kursi, Payangan 4 kursi dan Tegalalang 5 kursi.

"Ini baru skema, bisa saja berkurang satu atau nambah satu tiap dapil, ini baru skema bila 45 kursi," tambahnya. Ketua Komisi I DPRD Gianyar, Amertayasa meyakini jumlah penduduk yang disetor pada kisaran 504.000 lebih, sehingga saat Pemilu nanti jumlah kursi bisa 45. "Bisa jadi menguntungkan kami PDIP dan legislatif yang membawa aspirasi di dewan lebih banyak," ujarnya. *nvi

Komentar