nusabali

Internet Sehat Ala Devi

  • www.nusabali.com-internet-sehat-ala-devi

Pesatnya perkembangan teknologi membuat sebagian masyarakat tak asing lagi menggunakan internet.

JAKARTA, NusaBali

Namun sayang, terkadang internet tidak digunakan sebagai mana mestinya. Menurut Miss Internet 2013 Dewa Ayu Windu Sari Devi, seharusnya internet dipakai secara sehat, aman dan produktif. Sebagai mantan Miss Internet, Devi tak lelah untuk mengkampanyekan hal tersebut. Baginya sangat penting menggunakan internet secara sehat, aman dan produktif ketimbang menggunakan internet untuk kepentingan negatif. Menurut Devi menggunakan internet sehat lebih ke arah cara penggunaannya.
 
"Mulai dari membuka internetnya. Caranya memfilter situs yang negatif dengan berbagai jenis konten filtering seperti DNS nawala atau sejenisnya," ujar Devi kepada NusaBali di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (25/11). Menggunakan internet secara aman, lanjut Devi, mengarah pada aktivitas ketika menggunakan internet.
 
Pengguna bisa membatasi informasi yang bersifat pribadi semisal data diri di media sosial dan berkata sopan di dunia maya. "Etika sejujurnya tidak hanya berlaku di dunia nyata saja, namun di dunia internet juga," jelas Devi. Perempuan yang juga menjadi Runner Up I Puteri Pariwisata Indonesia (PPI) 2016 ini mengatakan, terkait penggunaan internet secara produktif yakni lebih ke arah memanfaatkan internet agar menjadi peluang bisnis yang menjanjikan sehingga penggunanya mendapat penghasilan dari sana seperti bisnis jual beli online.
 
Devi sendiri baru saja menghadiri audisi Miss Internet wilayah DKI Jakarta pada Kamis malam (24/11) kemarin. Ia hadir sebagai alumni dari Miss Internet. Menurut Devi, Miss Internet sebelumnya hanya berlangsung di Bali. Kini, Miss Internet bakal diselenggarakan secara nasional. Oleh karena itu, tiap wilayah mengirimkan perwakilan.
 
Namun terlebih dahulu mereka di seleksi tingkat provinsi. Untuk Jakarta berlangsung pada Kamis kemarin (24/11). Di provinsi lainnya diselenggarakan bulan Desember dan Januari, termasuk Bali. "Kalau tingkat nasional pada Februari 2017 mendatang," imbuh Devi. k22

Komentar