nusabali

Antisipasi Lonjakan Trafik, TelkomGroup Siapkan Kapasitas Internet 51,8 Tbps

  • www.nusabali.com-antisipasi-lonjakan-trafik-telkomgroup-siapkan-kapasitas-internet-518-tbps

JAKARTA, NusaBali.com - Telkom memprediksikan lonjakan trafik komunikasi hingga 6% di momen Hari Raya Idulfitri 1445 H. Untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup telah menyiapkan berbagai langkah, termasuk meningkatkan kapasitas internet hingga 51,8 Tbps.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan bahwa lonjakan trafik telekomunikasi biasanya terjadi pada akhir Ramadan dan jelang Idulfitri.

"Lonjakan trafik tersebut sudah diperhitungkan dan dimitigasi dengan penambahan kapasitas yang sudah dipersiapkan dari awal tahun di seluruh area jaringan TelkomGroup," kata Ririek, Jumat (5/4/2024).

TelkomGroup juga melakukan penguatan kapasitas dan cakupan jaringan melalui ekspansi kapasitas infrastruktur kabel laut sebesar 1,7 Tbps sejak Januari 2024.

Selain itu, TelkomGroup juga membentuk Posko TelkomGroup SIAGA RAFI 2024 yang terdiri dari Posko Nasional, Regional, Divisi Fungsi, Posko Infrastruktur, dan Posko Anak Perusahaan, serta titik-titik lokasi dengan trafik tinggi.

Posko ini akan siaga selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk memastikan keandalan jaringan telekomunikasi dan layanan pelanggan.

"TelkomGroup juga siaga untuk mengamankan konektivitas sektor-sektor krusial yang juga mengalami peningkatan jelang lebaran ini, seperti perbankan dan area POI (Point Of Interest), seperti bandara, pelabuhan, terminal, area wisata, dan keramaian," jelas Ririek.

Tahun ini, TelkomGroup mengusung semangat "Rajut Kebersamaan, Raih Kemenangan" dalam Posko TelkomGroup SIAGA RAFI 2024. Ada empat program utama yang diusung, yaitu:
  • Excellence CX: memastikan layanan terbaik di Area Trafik Tinggi
  • Special Service Project for Customer: memberikan solusi terbaik melalui program-program khusus bagi pelanggan
  • Digital Experience: menghadirkan produk dan layanan digital dengan kualitas terbaik
  • Charity for Indonesia: wujud kepedulian Telkom kepada masyarakat Indonesia khususnya yang membutuhkan melalui program bantuan dan santunan
TelkomGroup menyediakan 91 posko yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan 19.503 personel untuk memastikan keandalan jaringan telekomunikasi dan layanan pelanggan selama masa libur lebaran.

"Mewakili jajaran Board of Executive TelkomGroup, saya mengucapkan selamat Idulfitri 1445 Hijriah. Semoga segala usaha yang kita lakukan bisa mendapatkan hasil maksimal dan menjadi pahala untuk kita semua," tutup Ririek.

Komentar