nusabali

Warga Gianyar Nunggak Bayar Listrik

  • www.nusabali.com-warga-gianyar-nunggak-bayar-listrik

Menunggak 3 bulan maka diberhentikan sebagai pelanggan.

GIANYAR, NusaBali

Kemampuan bayar listrik pelanggan PLN di wilayah Gianyar menurun saat pandemi Covid-19. PT PLN UP3 Bali Timur mencatat sebanyak 2.398 pelanggan di Kabupaten Gianyar nunggak bayar listrik. Tunggakan ini tercatat hingga 22 Februari 2021. Total tunggakan mencapai Rp 754.840.884.

Manajer PT PLN UP3 Bali Timur Edi Cahyono mengungkapkan, secara bertahap PLN akan menyisir pelanggan yang masih menunggak bayar listrik. Di Gianyar ada 46 petugas yang biasa melakukan pengecekan. Para pelanggan akan diingatkan untuk taat bayar rekening maksimal tanggal 20 setiap bulannya untuk pelanggan pasca bayar. “Kami mendorong masyarakat bayar tepat waktu. Energi sudah digunakan, semestinya pelanggan melunasi tepat waktu. Maksimal sampai tanggal 20, lewat tanggal itu, diputus sementara sampai rekening dilunasi. Kalau sudah bayar, langsung hidup,” ungkap Edi Cahyono, Kamis (25/2).

Edi Cahyono menegaskan, menunggak 3 bulan maka diberhentikan sebagai pelanggan. Dalam hal keringanan, PLN memiliki beberapa program stimulus. Di antaranya menggartiskan beban listrik daya 450 VA sampai Maret 2021, diskon 50% untuk daya listrik 900 VA, dan program lain. Manajer Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan, IB Surya Respati menambahkan, segala keluhan, informasi dan sejenisnya terkait layanan kelistrikan saat ini bisa dimonitor dalam genggaman tangan. “Lewat aplikasi PLN Mobile. Segala masalah bisa selesai lewat satu genggaman. Lihat histori rekening pembelian pulsa. Salah angka token bisa dimonitor,” ungkapnya.

Lewat aplikasi ini, pelanggan juga bisa melaporkan gangguan kelistrikan. “Bisa lapor jika terjadi gangguan. Karena menghubungi call centre biasanya terlalu sibuk. Di aplikasi ini bisa langsung melaporkan, langsung bisa memantau. Apakah status baru melapor atau sudah ada regu yang ditugaskan, sudah dalam perjalanan, atau sudah dikerjakan, dan status sudah nyala, informasinya cepat,” imbuhnya.

Dikatakan pula, ketika ada rencana pemadaman listrik, pengguna aplikasi akan menerima notifikasi. “Disampaikan pula estimasti pengerjaan. Ketika sudah nyala akan diinfokan juga. Lewat aplikasi, pelanggan juga bisa melakukan tambah daya,” imbuh IB Surya Respati didampingi Manajer Bagian Perencanaan Anggoro Fajar Gandajati dan Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Gianyar Billy Ramadhana. *nvi

Komentar