nusabali

Mangku Mertayasa Gantikan Sukrawan

  • www.nusabali.com-mangku-mertayasa-gantikan-sukrawan

Putu Mangku Mertayasa yang ditunjuk sebagai Bendahara DPD PDIP Bali, saat ini menjabat Ketua Komisi I DPRD Buleleng

Usulan Pecat Dewa Sukrawan Di-Pleno-kan DPD PDIP Bali


SINGARAJA, NusaBali
Dewa Nyoman Sukrawan ‘dipecat’ dari PDIP, karena maju ke Pilkada Buleleng 2017 melalui jalur Independen. Partai Banteng Moncong Putih pun telah tunjuk Putu Mangku Mertayasa sebagai Bendahara DPD PDIP Bali 2016-2020, menggantikan Dewa Sukra-wan.

Informasinya, penunjukan Putu Mangku Mertayasa menjadi Bendahara DPD PDIP Bali menggantikan Dewa Sukrawan dilakukan melalui rapat pleno di Kantor Sekretariat DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Niti Mandala Denpasar, Sabtu (1/10). Penunjukan ini bersamaan hari dengan langkah Dewa Sukrawan serahkan tambahan kekurangan KTP dukungan ke KPU Buleleng.

Rapat pleno hari itu dipimpin langsung Ketua DPD PDIP Bali Dr Ir Wayan Koster MM, dengan dihadiri jajaran pengurus DPC PDIP Buleleng. Putu Mangku Mertayasa yang ditunjuk menggantikan Dewa Sukrawan merupakan politisi PDIP asa Desa Banjar/Kecamatan Banjar, Buleleng. Saat ini, Mangku Mertayasa duduk di Fraksi PDIP DPRD Buleleng.

Sedangkan Dewa Sukrawan merupakan politisi asal Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng. Sebelum dipilih menjadi Bendahara DPD PDIP Bali melalui Konferda 2015 lalu, Dewa Sukrawan menjabat sebagai ketua DPC PDIP Buleleng 2010-2015 dan Ketua DPRD Buleleng 2009-2010. Politisi yang sempat diusung PDIP sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Bali di Pilgub 2013 ini dianggap melawan induk partai, karena maju ke Pilkada Buleleng 2017 melalui jalur Independen. Dewa Sukrawan berpasangan dengan Gede Dharma Wijaya (politisi Demokrat). Padahal, PDIP usung pasangan incumbent Putu Agus Suradnyana-Nyomnan Sutjidra (PAS-Sutji) di Pilkada Buleleng 2017.

Sekretaris DPC PDIP Buleleng, Gede Supriatna, membenarkan Putu Mangku Mertayasa telah ditunjuk sebagai Bendahara DPD PDIP Bali, menggantikan Dewa Sukrawan. Menurut Supriatna, Mangku Mertayasa telah diusulkan oleh DPD PDIP Bali ke DPP PDIP untuk penerbitan SK Kepengurusan DPD PDIP yang baru. “Ya. Mangku Mertayasa yang diajukan ke DPP PDIP sebagai Bendahara DPD PDIP Bali,” jelas Supriatna saat dikonfirmasi NusaBali di Singaraja, Minggu (2/10).

Disinggung pemecatan Dewa Sukrawan, menurut Supriatna, pihaknya menyerahkan sepenuhnya masalah ini kepada DPD PDIP Bali. Pasalnya, Dewa Sukrawan merupakan pengurus DPD PDIP 2015-2020. “Informasinya, DPD PDIP Bali sudah ajukan surat pemecatan ke DPP PDIP. Coba tanya ke DPD PDIP Bali, biar jelas,” tandas politisi asal Desa/Kecamatan Tejakula, Buleleng yang kini menjabat Ketua DPRD Buleleng 2014-2019 ini.


SELANJUTNYA . . .

Komentar