nusabali

2019, NasDem Target 1 Fraksi di DPRD Bali

  • www.nusabali.com-2019-nasdem-target-1-fraksi-di-dprd-bali

Partai NasDem Provinsi Bali menarget 1 fraksi untuk DPRD Bali pada Pileg 2019 mendatang.

Buleleng dan Karangasem Ladang Utama


DENPASAR, NusaBali
Ketua DPW NasDem Bali, Ida Bagus Oka Gunastawa di sela-sela pelantikan dan penyerahan SK Dewan Pimpinan Cabang (DPC) NasDem se Denpasar, di Sekretariat NasDem Denpasar, Istana Taman Jepun Denpasar, Sabtu (3/9) malam mengatakan untuk membentuk 1 fraksi DPRD Bali, dapil Buleleng dan Karangasem merupakan ladang utama.   

NasDem saat ini memiliki 2 kursi DPRD Bali yang berasal dari dapil Buleleng 1 kursi ditempati I Nyoman Tirtawan dan 1 kursi dari dapil Karangasem yang ditempati I Wayan Kari Subali. NasDem sendiri bergabung dalam Fraksi Panca Bayu di DPRD Bali dengan PKPI, Hanura dengan masing-masing 1 kursi.   

Menurut Oka Gunastawa Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Karangasem menjadi ladang utama karena konsolidasi dan prospek pemilih cukup terbuka. Di Karangasem NasDem juga sukses memenangkan Pilkada Karangasem dengan mengusung IGA Mas Sumatri-I Wayan Artadhipa.

“NasDem memiliki modal dengan 1 kursi DPRD Bali untuk dapil Buleleng dan 1 kursi di Karangasem,” ujar Oka Gunastawa. Saat ini para kader NasDem yang duduk di DPRD Bali dari perwakilan Buleleng dan Karangasem cukup direspon. “Sehingga tak muluk-muluk kami pasang target 2 kursi untuk Buleleng dan 2 kursi untuk Karangasem untuk Pileg 2019 mendatang,” ujar Oka Gunastawa yang didampingi Wakil Ketua Bidang Pemilihan Umum IGN Danil Yunandha Yudha.    

Sementara untuk 7 kabupaten/kota, NasDem Bali membidik tambahan masing-masing 1 kursi lagi. Yakni Tabanan 1 kursi, Jembrana 1 kursi, Badung 1 kursi, Denpasar 1 kursi, Bangli 1 kursi, Klungkung 1 kursi, dan Gianyar 1 kursi. “Namanya cita-cita ya boleh- boleh saja kan? Gantungkan cita-citamu setinggi langit, kalaupun jatuh dapatnya juga bintang,” kelakar mantan Ketua BEM Universitas Udayana ini.

Menurut Gus Oka dari perjalanan konsolidasi ke seluruh Bali, rakyat Bali sangat responsif dengan Partai NasDem. Apalagi NasDem berani mencetuskan politik tanpa mahar baik di Pilkada maupun Pileg. “Di tengah partai lain meniru kita, kita sudah duluan dengan terapan politik tanpa mahar. Jadi ini nilai plus NasDem,” sentil mantan politisi Golkar Bali ini.

Kata Gus Oka, NasDem Bali saat ini kebut pembentukan pengurus di tingkatan 57 DPC (kecamatan). Setelah itu pembentukan dewan pimpinan di tingkat ranting tingkat atau desa. “Kita masih roadshow ke seluruh Bali untuk pembentukan 57 kecamatan. Sekarang Denpasar sudah selesai,” tegas Gus Oka.

Sementara Ketua DPD NasDem Denpasar, Dewa Nyoman Budiasa secara terpisah mengatakan untuk konsolidasi pasca pembentukan DPC se Denpasar akan berlanjut ke level bawah. “Perayaan Galungan dan Kuningan menjadi momen untuk menarik sejumlah kader di Denpasar bergabung ke NasDem,” ujar Budiasa.

Dewa Budiasa mengatakan saat ini NasDem Denpasar sedang melakukan validasi data kader. “Kita target 3.000 KTA bisa dituntaskan. Saat ini baru terhimpun kader baru 300 kader dengan KTA. Ini penting untuk mewujudkan target 1 kursi DPRD Bali di dapil Denpasar. Di Denpasar kami juga target 1 kursi NasDem terbentuk,” ujar alumni SMA 4 Denpasar ini. * nat

Komentar