nusabali

Tersambar Api, Bale Kulkul Pura Dalem Terbakar

  • www.nusabali.com-tersambar-api-bale-kulkul-pura-dalem-terbakar

Sebelum api sambar Bale Kulkul Pura Dalem Gede Sema Jawa, lebih dulu ada pohon kelapa terbakar akibat kena percikan dari api pembakaran wadah.

Dalam proses pemadaman api di Pura Dalem Gede Sema Jawa, Desa pakraman Kukuh, Minggu kemarin, Kasat Reskrim Polres Tabanan, AKP I Nyoman Sukadana, ikut turun tangan ke lokasi. Dia terjun bersama Camat Marga, I Made Murdika. Demikian pula Bendesa Pakraman Kukuh, I Gede Subawa, ikut terjun ke lokasi bencana.

Sementara itu, Pamangku Pura Dalem Gede Sema Jawa, Jro Mangku Wayan Suyarwan, mengatakan pihaknya sudah nunas baos (minta petunjuk niskala) kepada orang pintar terkait musibahj terbakarnya Bale Kulkul ini. Ritual nunas baos yang langsung digelar, Minggu kemarin, dilakukan bersama para Kelian Adat dari 6 banjar pangempon Pura Dalem Gede Sema Jawa. 

Berdasarkan petunjuk niskala yang diperoleh melalui ritual nunas baos kemarin, disebutkan terbakarnya Bale Kulkul di Pura Dalem Gede Sema Jawa adalah murni musibah. Renovasi Bale Kulkul pun harus segera dilakukan pasca terbakar, karena piodalan akan dilaksanakan pada Anggara Pahing Watugunung, Selasa (24/11) depan. 

“Nanti malam (semalam), para Kelian Adat dari 6 banjar akan menggelar paruman untuk perbaikan Bale Kulkul, mengingat piodalan sudah dekat,” ungkap Jro Mangku Suyarwan saat dikonfirmasi NusaBali. Jro Mangku Suyarwan menyebutkan, bagian yang terbakar di bangunan Bale Kulkul ini hanya atap bucu kaja kangin (pojok timur laut) dan tak sampai mengenai kayu. 
Pura Dalem Gede Sema Jawa sendiri diempon krama dari 6 Banjar Adat di Desa Pakraman Kukuh, masing-masing Banjar Tatag, Banjar Pande, Banjar Denuma, Banjar Tegal, Banjar Batanwani, dan banjar Dalem Kerti. Sekadar dicatat, Desa Pakraman Kukuh memiliki dua Pura Dalem. Satu Pura Dalem lagi berlokasi di Banjar Tengah, yang juga diempon 6 Banjar Adat, yakni Banjar Munggal, Banjar Tengah, Banjar Amerta Sari, Banjar Mekar Sari, Banjar Menalun, dan Banjar Lodalang.  

Kebakaran di Pura Dalem Gede Sema Jawa merupakan musibah kedua kalinya dalam kurun setengah abad. Sebelumnya, pura ini juga sempat terbakar sekitar tahun 1960. Kala itu, yang terbakar adalah Gedong Pura Dalem Gede Sema Jawa.

Sedangkan Sema Jawa yang satu areal dengan Pura Dalem Gede, juga sempat longsor akibat hujan deras, 9 Oktober 2011 lalu. Akibatnya, 12 mayat yang terkubur bangkit dari liang kuburan. Diduga ada mayat sampai hanyut terbawa longsoran ke Tukad Yeh Ge, yang berlokasi di timur setra.

Komentar