nusabali

Jika Nyepi 3 Hari, Bedulu Siapkan 862 Paket Sembako

  • www.nusabali.com-jika-nyepi-3-hari-bedulu-siapkan-862-paket-sembako

GIANYAR, NusaBali
Rencana pelaksanaan Nyepi Eka Bratha selama tiga hari, 18 - 20 April 2020, yang diwacanakan Ketua Majelis Desa Adat Provinsi Bali Ida Panglingsir Agung Putra Sukahet, menuai pro dan kontra.

Ada pihak yang khawatir selama tiga hari itu krama akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup. Ada pula yang setuju Nyepi itu dengan pelbagai persiapan. Seperti diungkapkan Bendesa Adat Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, I Gusti Ngurah Made Serana, Selasa (7/4). Dikatakan, Desa Adat Bedulu mengapresiasi rencana itu dan akan mendukung jika ada keputusan Majelis Desa Adat Propinsi Bali. "Kami prajuru dan krama adat Bedulu siap mendukung serta menjalankan Nyepi sipeng selama tiga hari itu," kata Bendesa Bedulu I Gusti Ngurah Serana.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Gianyar ini mengaku telah membahas dengan Sabha Desa Bedulu terkait pelaksanaan Nyepi tiga hari itu. Dalam keputusan ini, tidak hanya akan menjalankan Nyepi sipeng sesuai ketentuan, namun juga disepakati membantu semua krama adat Bedulu dengan pemberian paket sembako. "Kebendesaan dan Sabha Desa Adat Bedulu telah sepakat akan menyuplai bantuan 862 paket sembako, sesuai jumlah kepala keluarga di desa adat Bedulu," jelasnya didampingi Sekretarisnya Made Sweca Padang dan Bendahara Wayan Tanggu di Pura Pengastulan Bedulu. Jelas dia, terkait isi paket sembako serta teknis pendistribusian akan dibahas lebih lanjut.

Sebelumnya, inisiatif pendistribusian sembako dalam situasi pandemi Covid-19 telah dilakukan oleh Desa Adat Batuan Kecamatan Sukawati. Adapun jumlah krama yang diberikan bantuan beras mencapai 1.050 KK dari 8 banjar. Per KK digelontor 25 kg beras. Bantuan ini diberikan berturut-turut selama tiga bulan; April, Mei dan Juni. *nvi

Komentar