nusabali

Banjar Berswadaya Spraying Rumah Warga

  • www.nusabali.com-banjar-berswadaya-spraying-rumah-warga

GIANYAR, NusaBali
Penyemprotan (spraying) disinfektan menjadi salah satu cara yang massif dilakukan guna memutus penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Tidak saja pemerintah yang gencar melakukan penyemprotan, masyarakat di tingkat banjar pun berjibaku membantu pemerintah memutus sebaran virus.  Seperti dilakukan warga Banjar Bedil Desa/Kecamatan Sukawati, Gianyar, melalui komunitas Bedil Bersatu. Warga banjar ini bersatu menghimpun dana sukarela secara gotong royong. Sehingga penyemprotan disinfektan dibiayai secara swadaya. Setiap warga urunan mulai Rp 50.000 - Rp 100.000.  Ada juga warga menyediakan perlengkapan seperti alat semprot, kendaraan, hingga konsumsi.

Penyemprotan disinfektan difokuskan mulai area bale banjar, pura, lingkungan hingga door to door masuk ke rumah-rumah warga tanpa terkecuali. Tenaga penyemprotan pun dilakoni secara sukarela oleh anggota komunitas dari berbagai profesi, seperti polisi, guide travel, seniman, maupun pemilik usaha. Seperti tampak Minggu (29/3) kemarin, seluruh rumah didatangi satu per satu. Penyemprotan dimulai sekitar pukul 07.00 Wita hingga siang.

Kelian Dusun Banjar Bedil I Wayan Sandi didampingi Kelihan Adat I Gusti Ngurah Arjawa menjelaskan, penyemprotan disinfektan juga dilayani di Balai Banjar. Khususnya diperuntukkan bagi warga banjar yang akan berangkat bekerja atau yang pulang dari bekerja/beraktivitas di luar banjar. Sebab tidak menutup kemungkinan, virus bisa menempel di mana saja dan kapan saja. “Kami sudah siapkan posko anti covid-19 di Bale Banjar. Agar saat pulang kerja, wajib disemprot disinfektan sebelum pulang ke rumah. Di posko juga sekaligus kami ada papan edukasi bahaya covid-19,” jelasnya.

Dikatakan, Posko Anti Covid-19 ini dicanangkan sejak dua pekan lalu. “Jadi penyemprotan ke rumah-rumah, kami jadwalkan setiap hari. Kali ini sudah minggu kedua,” ujarnya. Untuk tenaga penyemprotan digilir setiap hari. “Setiap hari dilakukan penyemprotan seluruh wilayah banjar termasuk kerumah rumah warga. Tenaga secara bergilir dan dana secara urunan swadaya,” tegasnya.

Inisiatif melakukan penyemprotan disinfektan ini, bukan berarti karena tidak dapat bantuan. Justru karena banjar bermaksud membantu pemerintah meringankan beban. Dengan harapan semua warga banjar terbebas dari paparan virus. “Karena memerangi covid-19 ini adalah tanggungjawab bersama, tidak cukup pemerintah saja. Kepada warga, kami juga minta agar mengikuti imbauan pemerintah dengan beraktifitas di rumah saja,” terangnya. *nvi

loading...

Komentar