nusabali

BPBD Ajukan 55 Proposal Penanganan Bencana

  • www.nusabali.com-bpbd-ajukan-55-proposal-penanganan-bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem mengajukan  55 proposal penanganan bencana selama tahun 2018 dan tahun 2019 ke BPBD Provinsi Bali.

AMLAPURA, NusaBali

Pengajuan proposal ke BPBD Provinsi Bali itu untuk kerugian di atas Rp 10 juta. Dari 55 proposal, masih ada perbaikan, selanjutnya tinggal menunggu verifikasi dari Tim BPBD Provinsi Bali.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa menyebutkan, selama tahun 2018 dan tahun 2019, terdata 55 titik bencana yang kerugian di tiap titik bencana mencapai Rp 10 juta lebih. Dari 55 proposal itu, sebanyak 42 proposal diusulkan akibat bencana gempa tahun 2018 yang terdiri dari 40 rumah tinggal dan 2 tempat sembahyang. Sedangkan 13 proposal lainnya akibat bencana angin kencang, tanah longsor, dan lainnya.

Dari 55 proposal yang diajukan, 3 proposal masih dalam perbaikan agar memenuhi syarat administrasi. “Sesuai ketentuan, kerusakan bangunan dengan kerugian di atas Rp 10 juta mesti diajukan ke BPBD Provinsi Bali. Jika kerugiannya di bawah Rp 10 juta diupayakan ditanggulangi melalui APBD Kabupaten Karangasem,” kata Ida Ketut Arimbawa, Kamis (23/1). Setelah proposal diajukan ke BPBD Provinsi Bali, tidak serta merta yang diusulkan dapat bantuan.

Nantinya Tim BPBD Provinsi Bali melakukan survei di lokasi kejadian, menggali informasi di lapangan, apa betul yang diusulkan rusak karena bencana alam. “Antara foto di proposal dengan kenyataan di lapangan telah berubah tidak masalah. Posisi rumah kan tidak berubah, bisa kembali menggali keterangan selama melakukan verifikasi dari pemilik rumah yang diusulkan,” tambahnya. Sedangkan BPBD Karangasem mulai tahun 2020 telah menyediakan anggaran untuk penanggulangan bencana yang kerugiannya di bawah Rp 10 juta.

Jika BPBD Karangasem menangani kerugian bencana, prosesnya bisa lebih cepat. Begitu terjadi bencana, langsung petugas melakukan penanganan di lapangan, selanjutnya ditindaklanjuti proposal, setelah diverifikasi, bantuan bisa langsung cair. *k16

loading...

Komentar