nusabali

Jadikan Teripang sebagai Kerupuk Berkhasiat

  • www.nusabali.com-jadikan-teripang-sebagai-kerupuk-berkhasiat

Bukan hanya enak, olahan teripang berkhasiat sebagai penyembuh masalah kesehatan lewat testimoni langsung.

Ingin Menjadi Ikon Indonesia

SUDAH pernah berkunjung  ke Pulau Simeulue? Simeulue merupakan salah satu daerah kepulauan yang masih asri dengan lokasi wisata lautnya di Aceh. Di daerah ini pula Roni Lahanda, seorang pengusaha muda yang sudah terhitung sukses semenjak usia belia memulai usaha pembuatan makanan sehat yang memanfaatkan biota laut dari kepulauan Simeulue untuk dijadikan bahan dasar dari usahanya.

yang lahir di kabupaten Bireuen pada 20 Juni 1993 silam ini telah menjadi perintis pertama kali hadirnya Kerupuk Teripang, yakni kerupuk yang terbuat dari bahan dasar Teripang (sea cucumber) yang kini menjadi  salah satu oleh-oleh khas dari kepulauan Simeulue.

Anak sulung dari pasangan kedua orang tua yang berkerja sebagai wiraswasta ini mengaku sudah mandiri dan merantau dari sejak kecil. Kedua orang tuanya saat ini tinggal di kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Banten. Sedangkan ia kini tinggal dan menetap di Aceh.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SDN 1 Simeulue  pada tahun 2005, pemuda ini memilih menyambung pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MtsS) tahun 2007 dan Madrasah Aliyah (MaS) pada tahun 2011 di Pondok Pesantren Al-Zahrah kabupaten Bireuen, hingga saat ini pemuda tersebut sudah menjadi Mahasiswa tingkat akhir Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dan memilih jurusan hukum Ekonomi Syariah.

Berawal dari cita-citanya yang ingin menjadi seorang dokter namun terhambat karena faktor biaya,  pemuda yang akrab disapa Roni ini giat melakukan penelitian-penelitian mengenai pengobatan yang memanfaatkan hasil dari kekayaan alam untuk dijadikan sebagai salah satu sarana pengobatan. Bahkan hebatnya lagi, penelitian ini sudah dilakukan sejak ia masih berusia belasan tahun, di saat masih duduk di bangku SMP.

Demi mengikuti besarnya rasa ingin tahu serta sepotong kalimat motivasi ‘Bergeraklah, karena Tuhan memberikan hidup untuk mencari rahasia yang terkandung di dalamnya’, ia kemudian memilih untuk melakukan penelitian pada teripang.

Siapa sangka usaha pengolahan makanan dengan banyak khasiat ini ternyata baru pertama kalinya ada di Indonesia bahkan produk ini termasuk dalam kategori produk buatan anak negri yang pertama kali ada di dunia. Baginya berkecimpung di bidang bisnis bukanlah sesuatu yang baru lagi, selain memiliki minat yang besar, dalam darahnya mengalir pula bakat alami yang diturunkan oleh kedua orang tuanya yang juga berkerja sebagai wiraswasta.

Awalnya pabrik kerupuk teripang yang beralamat di Jalan Melur, desa Suka Jaya, Kecamatan Simeulue Timur ini masih berupa usaha rumahan dan baru mulai berproduksi pada tahun 2010, dengan jumlah karyawan yang hanya beberapa orang saja. Namun karena meningkatnya permintaan produksi dari pasaran, maka dengan dibantu dan berkerja sama dengan  sang paman, usaha rumahan tersebut terus berkembang hingga menjadi usaha besar dengan jumlah karyawan sebanyak empat belas orang saat ini. Dalam satu bulan  pabrik ini bisa menghasilkan dua ratus lima puluh kotak kerupuk untuk satu daerah pasaran saja.

Selain hobi berbisnis, pemuda berusia dua puluh dua tahun ini juga memiliki tokoh idola  yaitu Chairul Tanjung, menurutnya bos Trans Corp itu merupakan seorang wirausaha sukses yang kaya dan dermawan serta tidak gila jabatan politik. Selain itu, ia juga menyukai sosok kepemimpinan dari mantan presiden Indonesia, yaitu Soekarno dan Habibie.

“Saya berharap produk ini bisa menjadi ikon Aceh, bahkan menjadi salah satu ikon Indonesia, karena ini adalah produk pertama di dunia. Terus bisa menjadi alternative penyembuhan bagi seluruh masyarakat tanpa biaya yang mahal, serta bisa menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia” ujarnya mengungkapkan harapannya.7

Komentar