nusabali

Komunitas Fotografi Instanusantara Gelar Gathering Nasional ke-7 Di Bali

  • www.nusabali.com-komunitas-fotografi-instanusantara-gelar-gathering-nasional-ke-7-di-bali

Ditahun ketujuhnya, komunitas pecinta fotografi Indonesia  Instanusantara mengadakan pertemuan nasional atau Garthering Nasional (Gathnas), kali ini Bali dipilih kedua kalinya sebagai tempat berkumpulnya anggota-anggota komunitas Instanusantara yang diadakan selama 3 hari dari tanggal 21 -23 Juni 2019.

MANGUPURA, NusaBali.com
Komunitas Instanusantara yang menjadikan Instagram sebagai wadah publikasi fotonya, awalnya dibentuk tahun 1 Maret 2012 oleh Andi Afriansyah di Malang karena kecintaannya terhadap Indonesia.  Indonesia memiliki keunggulan dan juga potensi yang kuat untuk menjadi destinasi wisata kelas dunia ini terlihat dari kekayaan serta keanekaragaman tempat dan budayanya. 

Ditemui pada saat malam pembukaan acara Gathnas Instanusantara di Kuta Central Park Hotel, Andi Afriansyah menjelaskan, “Instanusantara, awalnya hanya sebuah akun Instagram, akhirnya berkembang menjadi sebuah komunitas melalui akun tersebut.  Saat ini hanya Instanusantara satu-satunya akun komunitas fotografi yang diverifikasi oleh Instagram sebagai komunitas fotografi yang berbasis di Instagram, hanya satu-satunya di dunia. Ini menjadi modal kita untuk semangat menjalankan komunitas ini”. 

Sekarang komunitas Instanusantara ini mempunyai 240 ribuan pengikut ini tersebar di seluruh Indonesia memiliki beberapa basis tambahan diantaranya Instanusantara Ambon, Instanusantara Bali, Instanusantara Bandung, Instanusantara Banjarmasin, Instanusantara Cirebon, Instanusantara Gorontalo, Instanusantara Jakarta, Instanusantara Kuningan, Instanusantara Makassar, Instanusantara Malang, Instanusantara Medan, Instanusantara Nusa Tenggara Barat, Instanusantara Palangkaraya, Instanusantara Palu, Instanusantara Priangan, Instanusantara Semarang, Instanusantara Solo, Instanusantara Sulawesi Utara, Instanusantara Surabaya, Instanusantara Yogyakarta.


Acara Gathering Nusantara (Gathnas) ini merupakan salah satu program rutin dari Instanusantara di setiap tahunnya. Di Gathnas Instanusantara kali iini dihadiri oleh 120 peserta yang berasal dari 21 daerah dengan mengambil lokasi kegiatan di Kuta, Ubud, dan Bangli. Kegiatan Gathnas tahun ini diisi dengan kegiatan diskusi, team building dan tentunya kegiatan hunting foto. Dalam kegiatan tersebut, dari hari pertama hingga acara puncak pada team building dan hunting foto ini, panitia dan seluruh anggota yang hadir dapat berbaur dan menikmati kebersamaan yang hanya bisa didapatkan satu tahun sekali. Mulai hanya dengan sekedar temu kangen dan obrolan ringan, hingga diskusi dan sharing fotografi oleh para peserta dan panitia.

Dengan adanya Gathnas Instanusantara ini berharap dapat menjadi momen membangun kembali kekeluargaan para member yang terpisah dari beberapa regional, baik member lama maupun yang baru sehingga memiliki jati diri sebagai keluarga Instanusantara. “Harapannya pertemuan ini menjadi hal yang poositif bagi kita semua, terutama member untuk saling bertatap muka, bersilaturahmi antar member”, tutup Andi.*

Komentar