nusabali

Jelang Ramadhan, Umat Islam Gelar Ziarah

  • www.nusabali.com-jelang-ramadhan-umat-islam-gelar-ziarah

Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriyah, ratusan umat Muslim Kampung Bugis, Suwung, Denpasar Selatan melakukan ziarah ke pemakaman keluarga mereka di Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terletak di Jalan Raya Pendidikan, Sidakarya, Denpasar Selatan, Sabtu (4/6).

DENPASAR, NusaBali
Muhammad Nuh Fatah, sesepuh warga Kampung Bugis menjelaskan kegiatan  tersebut dilaksanakkan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriyah. Kegiatan ziarah tersebut telah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Muslim Kampung Bugis, Suwung dahulu.

“Tradisi ziarah kubur ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dari warga masyarakat kampung Bugis Suwung, Sesetan, Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan. Kegiatan ziarah ini kami laksanakan secara turun temurun, bahkan sudah sejak ratusan tahun silam,” tutur Fatah.

Lebih lanjut Fatah menjelaskan tujuan dari ziarah kubur ini dilakukan untuk mengingatkan diri dan meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan. “Ziarah makam ini dilakukan untuk mengingatkan bahwa suatu saat kita akan di sini juga. Saat kita ziarah ke makam kita ingat akan mati, ingat akan saudara-saudara kita yang telah meninggal. Oleh karena itu kita semakin bertaqwa kepada sang pencipta. Orang yang telah mendahului kitapun perlu kita doakan, jangan kita lupakan,” tuturnya.

Sebelum memulai ziarah, umat Muslim Kampung Bugis, Suwung melakukan doa di masjid. Setelah itu jalan bersama menuju pekuburan umum yang dimeriahkan oleh 7 remaja masjid memainkan rebana. Umat muslim yang hadir membacakan doa yang dipimpin Muhamad Halidi, Imam Besar Masjid Al Muwanatul Hairlah. Setelah memanjatkan doa bersama setiap umat yang hadir memanjatkan doa masing-masing di makam keluarga dan menabur bunga. 7 cr64

Komentar