nusabali

Kasdan 2024 Berbagi Kebahagiaan dengan 550 Anak Yatim, Piatu, dan Duafa

  • www.nusabali.com-kasdan-2024-berbagi-kebahagiaan-dengan-550-anak-yatim-piatu-dan-duafa

DENPASAR, NusaBali.com - Keceriaan terpancar dari wajah 150 anak yatim, piatu, dan duafa saat menghadiri acara Kasih Ramadan (Kasdan) Ke-13 di area Musala Al Bayan TVRI Denpasar, Sabtu (30/3/2024) sore.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yang kurang beruntung di bulan Ramadan.

Pada tahun ini, Kasdan menjangkau 550 anak yatim, piatu, dan duafa dari seluruh Bali. 150 di antaranya diundang untuk menghadiri acara buka puasa bersama dan pemberian santunan di Musala Al Bayan TVRI Denpasar, sedangkan sisanya akan dibagikan ke sejumlah daerah di Bali.

Ketua Panitia Kasdan, Maufura Zahansyah Fay, mengatakan bahwa pihaknya berusaha mencari anak-anak yang jarang mendapatkan undangan serupa.

"Banyak kegiatan seperti ini di Bulan Ramadan. Kami berusaha mencari adik-adik yang tercecer tidak mendapatkan undangan. Kami menelusuri dari rumah-rumah ngaji, TPQ, komunitas muslim maupun personal," ungkap Maufura.

Acara Penuh Kemeriahan dan Santunan

Selama acara menunggu waktu berbuka puasa tiba, peserta diajak mendengarkan tausiah dari Ustaz M Aldisar Kahfi. Tak hanya itu, peserta diajak bermain game dengan dipandu MC Gadies, Ferdy, Rizal dan Tasya. 

Setelah berbuka puasa, acara dilanjutkan dengan salat Maghrib berjamaah dan pembagian santunan dan paket sembako berisi beras, minyak goreng, gula dan roti diiringi lantunan hadrah dari siswa Rohis (Kerohanian Islam) dari sejumlah SMA.

Sekretaris Kasdan, Kambali Zutas, menjelaskan bahwa Kasdan tahun ini berhasil memberikan santunan kepada 550 anak.

"Selama 13 tahun kami menggelar acara Kasdan, alhamdulillah peserta yang kita undang terus bertambah. Tahun lalu 477 anak, sekarang 550 anak," ujar Kambali.

Kasdan terselenggara atas kerja sama banyak pihak, di antaranya pekerja event, Keluarga Jurnalis Bali (KJB), pengusaha transportasi, serta mahasiswa dan siswa sekolah.

Adapun kalangan pendidikan yang terlibat kali ini di antaranya Rohis (Kerohanian Islam) SMK TI Global, SMAN 7 Denpasar, MTs Miftahul Ulum Denpasar, dan BEM Institut Design dan Bisnis (IDB) Bali. 

"Terima kasih kepada para donatur, baik yang menyumbang dana maupun peralatan dan manpower untuk kelancaran acara ini," pungkas Kambali.

Komentar