nusabali

SMPN 1 Gianyar Juara Kompetisi Sains Terpadu 2019

  • www.nusabali.com-smpn-1-gianyar-juara-kompetisi-sains-terpadu-2019

Siswa kelas IXC SMP Negeri 1 Gianyar, Gede Indra Prabawa, kembali keluar sebagai juara dengan skor 168 dalam Kompetisi Sains Terpadu 2019 MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPA SMP Karangasem di SMPN 5 Amlapura Jalan Untung Surapati Amlapura, Sabtu (4/5).

AMLAPURA, NusaBali

Gede Indra Prabawa berhak atas Piala Bergilir Bupati Karangasem. Gede Indra Prabawa sebelumnya juara saat lomba tahun 2017. Lomba mengundang seluruh sekolah SMP se-Karangasem dan luar Karangasem melibatkan 94 siswa dikoordinasikan Ketua MGMP IPA SMP Karangasem I Gede Sarya dan dibantu Ketua Panitia Ni Luh Putu Wahyu Sudiarni.

Seleksi dilakukan satu kali, tanpa ada babak final. Setelah penilaian lembar jawaban berakhir memunculkan pemenang yang masuk 10 besar, dua siswa dari luar Karangasem masuk 10 besar dari SMPN 1 Gianyar, sekaligus sebagai juara dan dari SMPN 4 Singaraja. Selebihnya 8 siswa lainnya dari Karangasem.

Siswa yang masuk 10 besar berikut rankingnya adalah Gede Indra Prabawa dari SMPN 1 Gianyar skor 168, Ni Nyoman Ayu Sumari Antini dari SMPN 2 Amlapura skor 28, Putu Gita Shani Mayanti dari SMPN 4 Singaraja skor 113, Ni Komang Trisa Narindra Suari dari SMPN 2 Rendang skor 106, Ni Kadek Ditya Mahesa Putra dari SMPN 2 Amlapura skor 94, Ni Luh Mestri Arini dari SMPN 2 Selat skor 90, I Gusti Lanang Alibrawan Darmalaksana dari SMPN 2 Selat skor 89Ni Luh Diah Anjani Dewi dari SMPN 2 Selat skor 86, I Gede Arinata Kusuma Putra dari SMPN 1 Bebandem skor 82 dan Ni Wayan Asyanti Saraswandari dari SMPN 2 Rendang  skor 78.

Dari SMPN 2 Rendang yang semula difavoritkan sebagai juara, akhirnya hanya meloloskan dua siswinya masuk 10 besar, melalui Ni Wayan Arsyanti Saraswandari dan Ni Komang Trisa Narindra Suari. "Kami tetap merasa bangga, anak didik kami mampu bersaing dengan siswa dari luar Karangasem. Ini tantangan untuk mengoptimalkan pembinaan ke depan," jelas Kasek SMPN 2 Rendang, Ketut Suparjana.

Pernyataan senada diungkapkan Kasek SMPN 2 Amlapura I Wayan Gede Suastika yang telah mampu menempatkan siswanya di peringkat kedua melalui Ni Nyoman Ayu Sumari Antini.

SMPN 2 Selat juga mampu menempatkan tiga siswinya di 10 besar. "Kami telah berusaha optimal, dan hasilnya juga lumayan membanggakan," jelas Ni Luh Caniari, Wakasek Kesiswaan SMPN 2 Selat. I Gede Sarya mengatakan, secara kualitas ada peningkatan mengacu hasil lomba tahun 2019. "Tahun depan peserta diperluas, agar persaingan lebih ketat," jelasnya. *k16

Komentar