nusabali

440 Mobil Kuno Bakal Touring Denpasar-Danau Buyan

  • www.nusabali.com-440-mobil-kuno-bakal-touring-denpasar-danau-buyan

HUT Ke-14 PPMKI Bali Bertema 'Classic Memang Asik'

DENPASAR, NusaBali

Memeriahkan HUT ke-14 Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno (PPMKI) Bali yang mengusung tema ‘Classic Memang Asik’, sebanyak 440-an lebih mobil kuno (klasik) akan touring bersama rute Denpasar menuju kawasan Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, pada Minggu (7/4) pagi.

“Hingga hari ini (kemarin sore) sudah sekitar 440 unit mobil yang mendaftar. Mereka berasal dari puluhan klub mobil di Bali,” ujar Jos Dharmawan selaku Pembina PPMKI Bali kepada awak media di Sawah Vintage Cars, Jalan Tegal Harum 13 Biaung, Denpasar Timur, Kamis (4/4) kemarin.

Klub mobil yang sudah terdaftar mengikuti touring  diantaranya dari Fiat, Willys, Corolla, Holden, Land Criuser, Civic, VW, Land Rover, Mercy, Jeep, Volvo, ST20 termasuk Jimny Katana.  

“Animo peserta untuk mengikuti touring PPMKI ini sangat tinggi. Jumlah ini bisa menjadi rekor peserta touring mobil klasik terbanyak di Indonesia,’’ imbuh Jos Dharmawan.
 
Menurut Jos, pada HUT ke-12 PPMKI Bali, touring dari Denpasar menuju Panglipuran, Bangli diikuti sebanyak, 412 unit mobil, sedangkan pada HUT ke-13 rute Denpasar-Lovina, Buleleng diikuti sekitar 300-an unit mobil. “Nah, kali ini yang sudah terdaftar mencapai 440 kendaraan. Apalagi nanti ada komunitas VW dari Buleleng sekitar 40 unit mobil ikut serta bersama Pak Bupati dan Kapolres Buleleng. Ini sangat luar biasa. Dari PPKKI pusat juga kaget dengan animo peserta yang sangat tinggi,” kata Jos penuh semangat.

Touring HUT PPMKI Bali ke-14 ini mengambil start  di halaman Mapolda Bali, Jalan WR Supratman, Denpasar dan finish di kawasan Danau Buyan (Buleleng).  Touring ini rencananya akan dilepas Kapolda Bali Irjen Pol Petrus  R Golose dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Ardana  Sukawati (Cok Ace). Keduanya pun dipastikan ikut bertouring-ria bersama ratusan peserta lainnya.

Untuk mengantisipasi agar lalu lintas tetap aman dan tertib serta meminimalisir komplin dari masyarakat, khususnya pengguna jalan, peserta akan dilepas secara bertahap. Masing-masing grup ada 40 unit mobil dan dikawal PJR Polda Bali. “Nanti ada jeda beberapa menit untuk grup berikutnya. Kita akan mengambil rute jalan dari Mapolda Bali (Jalan WR Supratman)-Jalan Kenyeri, tembus Gatot Subroto-Ubung-Beringkit dan langsung menuju Danau Buyan. Kira-kira kita akan tempuh sekitar 1 jam,” katanya.

Dirlantas Polda Bali, Kombes Pol AA Made Sudana yang turut hadir dalam acara jumpa pers, kemarin, mengungkapkan, Polda Bali sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi sepanjang touring peserta juga  mengkampanyekan tertib berlalu lintas.
 
Touring ratusan mobil ini juga didukung oleh Jasa Raharja. “Kami akan menyedikan pos pengecekan kesehatan bagi para peserta di daerah Bedugul,” kata Kepala Subag SDM dan Umum Jasa Raharja Bali, Agus Widyantara.

Rangkaain HUT ke-14 PPMKI Bali di kawasan Objek Wisata Danau Buyan akan diisi berbagai acara mulai dari hiburan, ramah tamah, aksi donor darah, penyebaran benih ikan serta berbagi dengan anak-anak panti asuhan. “Yang menarik, anak-anak panti asuhan ini dijemput oleh mobil klasik menuju tempat acara,” pungkas Jos Dharmawan. *isu

Komentar