nusabali

1.500 Biker Harley Davidson ‘Wisata’ ke Pulau Dewata

  • www.nusabali.com-1500-biker-harley-davidson-wisata-ke-pulau-dewata

MANGUPURA, NusaBali
Jangan heran jika dalam seminggu ini deru Harley Davidson terasa di berbagai sudut Pulau Dewata.

Saat ini sekitar 1.500 motor gede buatan Amerika Serikat itu sedang mengikuti event ‘Berkibarlah Benderaku - Indonesia Rally 2021’ di Bali. Peserta dari seluruh tanah air atau chapter komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) ini sudah berdatangan sejak Rabu (24/11). Sebanyak sembilan hotel di kawasan The Nusa Dua pun mendapat berkah, karena pusat kegiatan event tahunan ini diadakan di Grand Hyatt Bali, Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, hingga Minggu (28/11).

“Kegiatan ini adalah agenda tahunan HDCI. Tahun ini kami selenggarakan puncaknya di November, karena mengantisipasi seperti tahun kemarin, Desember itu pasti terkendala PPKM,” ujar Ketua Umum HDCI Irjen Pol Teddy Minahasa Putra saat ditemui di Grand Hyatt Bali, Nusa Dua, Kamis (25/11) malam.

Indonesian Rally di Pulau Jawa dan Bali adalah etape keempat, dengan titik akhir di Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, event di Bali sagat istimewa sebab menjadi sentral berkumpulknya para biker dari seluruh Indonesia selama 25-28 November 2021. “Untuk riding ke NTT tidak semua biker ikut ke sana. Tapi di Bali inilah puncak kegiatannya,” kata Teddy Minahasa yang baru terpilih menjadi Ketua Umum HDCI melalui Munas VII di Surabaya pada Mei lalu.

Ketua HDCI yang juga Kapolda Sumatera Barat ini menegaskan, Bali paling terdampak perekonomiannya di saat pandemi Covid-19, karena itulah HDCI ingin berkontribusi bagi kebangkitan pariwisata Pulau Dewata. “Kami ingin menjadi pelopor yang mendahului kebangkitan pariwisata nasional. Kenapa perlu dibangkitkan, karena kita ketahui bersama dampak pandemi Covid-19 yang paling mengalami keterpurukan adalah sektor pariwisata, beberapa kota yang mengandalkan pariwisata sepi kunjungan,” imbuh Teddy yang mantan Staf Ahli Manajemen (Sahlijemen) Kapolri ini.

Disebutkan bahwa event ini didatangi sekitar 1.500 biker Harley Davidson. Kehadiran para biker ini diharapkan menjadi stimulan merangsang komunitas-komunitas lain untuk berwisata ke Bali. “Ini salah satu tujuan utama kami, yakni untuk pemulihan ekonomi nasional, di samping riding dan membangkitkan sektor pariwisata. Kami juga ingin membangkitkan sektor UMKM dengan meggelar semacam bazar yang melibatkan lebih kurang puluhan pelaku UMKM,” tambah Ajudan Jusuf Kalla saat menjadi Wakil Presiden RI ini.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum HDCI Tony Wahyudi, mengatakan kegiatan ini menjadi pelopor pemulihan ekonomi dan pariwisata, sekaligus mengangkat seluruh UMKM di Bali dan para seniman baik seni lukis, pahat, dan kearifan lokal lainnya. “HDCI berkomitmen bermanfaat bagi masyarakat dengan menjadi pelopor pemulihan perekonomian di Bali, karena itu kita melibatkan ratusan UMKM agar mereka kembali bersemangat untuk bangkit,” kata Tony.

Pada kegiatan ini, selain digelar acara pelantikan kepengurusan HDCI Pusat periode tahun 2021-2026 dan pelantikan beberapa pengurus cabang, juga akan digelar commander wish atau arahan dari ketua umum, exhibition atau pameran UMKM, bakti sosial, lomba lukis, lomba pahat. Untuk kegiatan Sabtu hari ini akan melakukan parade berkibarlah benderaku yang rencananya dilepas oleh Menteri Pariwisata dan EKonomi Kreatif Sandiaga Uno. *mao

Komentar