nusabali

Paskibraka Karangasem Sisakan 71 Peserta

  • www.nusabali.com-paskibraka-karangasem-sisakan-71-peserta

Seleksi tahap akhir Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Karangasem menyisakan 71 peserta.

AMLAPURA, NusaBali
Seleksi terakhir menyangkut PBB (pendidikan baris berbaris), mengecek postur tubuh, mata, gigi, dan wawancara. Seleksi berlangsung di aula Widya Sabha Praja  Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, Lingkungan Padangkerta Kelod, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Kamis (28/3).

Seleksi Paskibraka Karangasem diikuti 202 peserta. Sekretaris Panitia I Putu Susila mengatakan, dari 71 peserta yang dinyatakan lulus, masing-masing 10 peserta dikirim ke Provinsi Bali untuk mengikuti seleksi Paskibraka Provinsi Bali 2019 dan 61 peserta bertahan di kabupaten. Setelah selesai seleksi di Provinsi Bali, jatah Karangasem sebanyak satu pasang, berarti 8 peserta yang dinyatakan gugur. Sebanyak 8 peserta itu kembali bergabung di kabupaten, sehingga yang ikut latihan Paskibraka Kabupaten sebanyak 69 peserta.

"Seleksinya memang cukup melelahkan dari pagi hingga sore, sesuai dengan petunjuk teknis. Mulai dari seleksi fisik peserta, menyangkut tinggi dan berat badan, mengecek gigi, dan postur tubuh. Selanjutnya terakhir test wawancara mengenai wawasan kebangsaan siswa," kata Putu Susila, Kamis (28/3). Putu Susila menambahkan, rencananya peserta yang dari luar Amlapura, selama menjalani latihan nanti diasramakan. Sehingga siswa yang ikut latihan bisa fokus mengikuti latihan tepat waktu.

Mengenai keperluan pakaian untuk latihan disediakan dua stel training dan satu pasang sepatu. "Begitu memulai latihan, peserta telah dapat pakaian latihan," katanya.

Turut melaksanakan tes peserta Paskibraka hari terakhir, Koordinator Teknis Lapangan Kasipes Kodim Karangasem Kapten Inf I Nyoman Suta, dibantu petugas teknis Peltu I Wayan Sumadra, Pelda I Ketut Ngenteg, Pelda I Ketut Budiarta, dan Sertu I Ketut Catur Tirta. Peltu I Wayan Sumadra mengatakan, setiap tahapan dipanggil lima peserta untuk baris berbaris di ruangan. Kemudian satu persatu diuji kemampuan baris berbaris, menyangkut maju jalan, balik kanan, langkah tegap, jalan di tempat dan yang lainnya. Selanjutnya terakhir mengikuti tes wawancara. *k16

Komentar