nusabali

Panelis-Moderator Jaga Independensi

  • www.nusabali.com-panelis-moderator-jaga-independensi

Teken Pakta Integritas Jelang Debat Capres Keempat

JAKARTA, NusaBali

KPU bersama seluruh panelis dan moderator debat Pilpres 2019 keempat menandatangani pakta integritas. Penandatanganan pakta integritas ini merupakan bentuk komitmen menjaga independensi dan integritas debat.

Penandatanganan dilakukan di ruang istana ballroom, Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Rabu (27/3). Acara tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Arief Budiman didampingi Komisioner KPU Viryan Aziz.

Moderator debat Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi juga turut hadir. Para panelis yakni Valina Singka Subekti, Zakiyuddin, J Haryatmoko, Erwan Agus Purwanto, Dadang Tri Sasongko, Al Araf, Apolo Safanpo, I Basis Eko Soesilo, Kusnanto Anggoro juga tak ketinggalan.

Arief menegaskan kepada para pihak yang menandatangani untuk mematuhi ketentuan yang tertuang dalam pakta integritas. Adapun aturan dimaksud salah satunya tidak membocorkan isi pertanyaan debat kepada masing-masing paslon. "Beberapa poin yang disebut dalam pakta integritas kami harap dapat dipatuhi oleh panelis dan moderator. Terutama yang sering dipertanyakan banyak orang, apakah memberikan atau membocorkan kisi-kisi," kata Arief.

Arief juga berharap pertanyaan debat yang disusun tim panelis dapat dijawab oleh paslon. "Mudah-mudahan rumusan pertanyaan yang disusun panelis bisa dijawab dalam debat paslon, dan palson dapat menyampaikan visi misi sesuai dengan tema debat," tuturnya dilansir detik.com.

Koordinator panelis Valina Singka Subekti memastikan pihaknya bekerja sungguh-sungguh dalam membuat pertanyaan. Dia menuturkan pertanyaan debat capres keempat telah disesuaikan dengan permasalahan yang ada di lapangan.

"Kami kerja sungguh-sungguh mempersiapkan materi sejak kemarin siang mendengarkan masukan dari para sumber, dan memulai identifikasi permasalahan dari tema debat yang nantinya akan jadi pertanyaan yang akan disampaikan pada debat capres," papar Valina. *

Komentar