nusabali

Digembleng Lebih dari 2 Minggu, Paskibraka Dikukuhkan Lusa

  • www.nusabali.com-digembleng-lebih-dari-2-minggu-paskibraka-dikukuhkan-lusa

Memasuki dua minggu karantina, Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Bali memantapkan gerak langkah untuk mengawal bendera pusaka dalam Peringatan 73 Tahun Republik Indonesia di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, 17 Agustus mendatang.

DENPASAR, NusaBali

Paskibraka yang berjumlah 58 orang itu akan dikukuhkan di Jaya Sabha, Rabu (15/8) lusa. Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bali, I Gede Ketut Seputera Aryadi, atas seizin Kadispora Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, mengatakan, secara umum persiapan pasukan sebagai pengibar bendera pada HUT ke-73 Republik Indonesia di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar sudah matang. “Hanya tinggal pemantapan saja. Besok (hari ini, red) sudah gladi pengukuhan di Jayasabha. Pengukuhan tanggal 15 Agustus (lusa, red),” ungkapnya.

Dikatakan, pasukan pengibar bendera tahun ini berbeda dengan tahun lalu berdasarkan Permenpora nomor 0065 tahun 2017, bahwa pengawalan untuk kelompok pasukan 45 akan langsung dari TNI-Polri. Untuk memantapkan pasukan 17, 8 dan 45, telah dilakukan latihan gabungan sejak satu minggu lalu. “Latihan gabungan sudah satu minggu. Efektifnya kita latihan sampai tanggal 15 pagi. Sebab sorenya pengukuhan. Untuk tanggal 13 dan 14, kami latihannya di pojok, karena lapangan tiang bendera digunakan untuk perayaan HUT Pemprov Bali,” katanya.

Sementara itu, mengenai pembagian anggota paskibraka yang berjumlah 58 orang itu, akan dibagi menjadi dua kelompok merah dan putih. Dua kelompok ini akan diarahkan menjadi pasukan saat penaikan bendera dan penurunan bendera. *in

Komentar