nusabali

Koster Akui Tarung di Karangasem Sengit

  • www.nusabali.com-koster-akui-tarung-di-karangasem-sengit

Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster menegaskan kembali optimismenya bisa memenangkan semua pertarungan dalam Pilkada Serentak di enam Kabupaten/Kota di Bali. 

Optimis PDIP Menangkan 6 Pilkada Serentak di Bali

BANGLI, NusaBali
Namun khusus di Pilkada Karangasem, Koster mengakui sampai saat ini masih terjadi persaingan yang sangat sengit.

Walau sengit, Koster tetap meyakini, calon PDIP yang diusung di Karangasem, yakni pasangan I Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati (SMS) masih mempunyai peluang bisa memenangkan pertarungan. Dia pun memprediksi di Pilkada Karangasem, kalah atau menang selisihnya bakal tipis. Meski demikian, pihaknya masih optimis bisa merebut simpati masyarakat karena masih ada waktu sebulan lebih hingga akhirnya bisa menjadi pemenang. 

“Kader PDIP jangan sampai terlena,” kata Koster di sela-sela menghadiri peresmian dan pamlaspasan Sekretariat DPC PDIP Bangli di LC Uma Aya, Kelurahan Bebalang, Bangli, Minggu (18/10). Sedangkan di 5 daerah lainnya, yakni Badung, Tabanan, Denpasar, Bangli dan Jembrana, Koster yakin raih kemenangan besar. Apalagi sebagian besar kandidat yang diusung oleh PDIP merupakan calon incumbent yang dinilai sudah terbukti berhasil membangun daerah yang dipimpinnya masing-masing. 

“Dari enam kabupaten/kota di Bali yang bakal menggelar Pilkada serentak, calon yang diusung PDIP wajib dapat memenangkan semuanya,” tegas Koster. Keyakinan PDIP untuk dapat mendominasi kemenangan dalam Pilkada serentak tersebut, kata dia, lantaran empat kandidat yang diusung adalah calon incumbent, yakni Denpasar, Bangli, Tabanan dan Jembrana. 

Sementara Calon Bupati dan Wakil Bupati PDIP yang diusung di Badung juga mempunyai kans menang sangat besar. Keyakinan ini sesuai hasil survei dan pemetaan yang dilakukan hingga ke desa-desa. Dari enam Pilkada, lima di antaranya pasti bisa dimenangkan PDIP. “Kita juga yakin paket yang diusung PDIP, dapat memproleh kemenangan suara hingga 70 persen,” ujarnya. 

Khusus menyinggung Pilkada Bangli, Koster berpesan pada kedua pasangan calon dalam melakukan aksi kampanye harus secara damai tanpa saling menjelekkan satu sama lain. Masing-masing pendukung mesti tetap menggunakan cara yang arif dan bijaksana supaya Pilkada berjalan tanpa ada yang menciderai. "Untuk Pilkada di Bangli, saya yakin masyarakatnya bisa rukun, sehingga kodisi yang aman dan kondusif bisa tetap terjaga," pungkasnya. 

Seperti diketahui dalam Pilkada 2015 secara serentak, 9 Desember mendatang, PDIP mengusung paket calon di semua (6) daerah. Di Pilkada Badung 2015, PDIP yang berkolaborasi dengan Golkar-NasDem-Hanura usung pasangan Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa. Sedangkan di Pilkada Denpasar 2015, PDIP usung pasangan incumbent IB Rai Dharmawijaya Mantra-IGN Jaya Negara, di Pilkada Karangasem 2015, PDIP usung pasangan I Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati. 

Sementara di Pilkada Bangli 2015, PDIP juga usung pasangan incumbent Made Gianyar-Sang Nyoman Sedana Arta. Demikian pula di Pilkada Tabanan 2015, PDIP usung sang juara bertahan, Ni Putu Eka Wiryastuti-I Komang Gede Sanjaya dan di Jembrana usung paket incumbent I Putu Artha-Made Kembang Hartawan. 

Komentar