nusabali

Dua Kelompok Peternak Dibantu Bibit Ayam Petelur Senilai Rp 3,9 M

  • www.nusabali.com-dua-kelompok-peternak-dibantu-bibit-ayam-petelur-senilai-rp-39-m

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung membantu kelompok ternak ayam dalam pengadaan bibit ayam petelur (ayam layer).

MANGUPURA, NusaBali
Anggaran yang disiapkan mencapai Rp 3,9 miliar.“Semula kami siapkan Rp 4,6 miliar. Tapi setelah ada penawaran dari rekanan, nilainya menjadi Rp 3,9 miliar. Anggaran itu lah untuk pengadaan bibit untuk kelompok ternak ayam yang akan kami bantu,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pertanian dan Pangan Badung Putu Oka Swadiana, Rabu (16/5).

Swadiana mengatakan, kelompok peternak ayam yang mendapat bantuan bibit ayam tersebut yakni Kelompok Ternak Manuk Sari, Desa Getasan, Kecamatan Petang serta Kelompok Ternak Giri Landuh Sari, Desa Pelaga, Kecamatan Petang.

Untuk Kelompok Ternak Manuk Sari, akan mendapatkan bibit ayam sebanyak 13.992 ekor. Sedangkan untuk Kelompok Giri Landuh Sari mendapat bantuan sebanyak 40.704 ekor.

Diakui Swadiana yang notabene Kadis Perikanan Badung, sebelumnya pengadaan bibit ayam petelur ini sempat mengalami kendala dan alami gagal lelang pada pembukaan lelang pertama. Namun, pada lelang kedua pada bulan lalu akhirnya proses lelang lancar.

Tak hanya bibit ayam petelur, pembangunan kandang, kantor pengelola, gudang, juga akan dibantu sepenuhnya oleh pemerintah. Begitu juga dengan penataan halamannya. “Semua pemerintah yang menyiapkan,” ungkapnya. Menurutnya, khusus untuk pembangunan fisik kandang, kantor pengelola, gudang untuk budidaya ayam petelur langsung di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Berdasarkan data dari situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), pembangunan kandang, kantor pengelola, maupun gudang untuk Kelompok Ternak Manuk Sari, Desa Getasan, Kecamatan Petang, disiapkan anggaran sekitar Rp 3,2 miliar. Sedangkan pembangunan kandang, kantor pengelola, maupun gudang untuk Kelompok Ternak Giri Landuh Sari, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, disiapkan anggaran Rp 10 miliar. *asa

Komentar