nusabali

Duda Timur Terapkan Pelayanan Online

  • www.nusabali.com-duda-timur-terapkan-pelayanan-online

Pelayanan secara online di Desa Duda Timur meliputi segala bentuk administrasi, juga menyimpan data desa.

AMLAPURA, NusaBali

Pemerintah Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem resmi memberlakukan pelayanan secara online setelah menuntaskan pelatihan aplikasi smart desa, Kamis (8/2). Dengan smart desa, warga dari 9 banjar dinas tidak perlu repot mendatangi kantor desa untuk mengurus surat-surat. Setelah jadi tinggal ambil di kantor desa atau dibawakan kelian banjar ke rumah warga.

Perbekel Desa Duda Timur, I Gede Pawana, mengatakan pelatihan smart desa sebanyak dua kali pertemuan pada Rabu (7/2) dari pukul 18.00 Wita-22.00 Wita dan Kamis (8/2) dari pukul 07.00 Wita-11.00 Wita. Pelatihan diikuti 17 perangkat desa dipandu struktur dari PT Saebo Technology Jakarta, Jerry Sumono. Pelatihan smart desa meliputi pengenalan aplikasi, cara memasukkan nama warga, dan jenis-jenis pelayanan yang dipesan sesuai fitur tersedia.

Gede Pawana mengatakan, masyarakat Desa Duda Timur yang tinggal di Denpasar atau di luar Karangasem bisa pesan surat-surat penting yang selama ini dilayani perangkat desa secara manual. Pemesan juga bisa memberikan konfirmasi, waktu pengambilan surat yang dipesan. “Bagi warga yang tidak memiliki HP dengan aplikasi android, bisa pesan lewat SMS, pesan melalui kelian banjar atau ke operator di desa. Asalkan sebut nama dan nomor induk kependudukan, bisa dengan mudah terlayani,” jelas Gede Pawana. Ditegaskan, pelayanan online memudahkan perangkat desa melayani masyarakat.

Kelian Banjar Putung I Gede Pasek Wicaksana dan Kelian Banjar Wates I Gede Madra mengakui lebih mudah memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Susahnya hanya saat melakukan pendataan ke rumah-rumah penduduk. Sekarang seluruh data telah terekam, tinggal memberikan pelayanan yang diperlukan warga,” ujar Pasek Wicaksana. Dari 17 perangkat desa yang mengikuti pelatihan, 9 di antaranya kelian banjar dinas, sisanya kepala seksi dan kepala urusan.

Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Karangasem mencatat sejarah sebagai desa pertama di Indonesia yang melaunching smart desa, sebagai upaya memberdayakan pelayanan secara online. Launching smart desa ini dilakukan langsung Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Kantor Desa Duda Timur, Kamis (1/2) siang pukul 11.00 Wita. Terungkap, smart desa ini diluncurkan sekaligus untuk menjawab tantangan dari Kementerian Desa (Kemendes), yang sempat dikumandangkan saat acara Rembug Desa di Denpasar, 3 Desember 2017 lalu. Sesuai tantangan Kemendes, pelayanan desa sebaiknya dilakukan secara online.

Pelayanan secara online di Desa Duda Timur ini meliputi segala bentuk administrasi, juga menyimpan data desa. Dengan begitu, memudahkan untuk mendapatkan data penduduk berikut tempat tinggalnya, termasuk warga kurang mampu. Tinggal melacak melalui aplikasi smart desa: dudatimur.smartdesa.or.id. *k16

Komentar