nusabali

Hujan Lebat, Air Terjun Tegenungan Meluap

  • www.nusabali.com-hujan-lebat-air-terjun-tegenungan-meluap

Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terkahir, berdampak signifikan terhadap Objek Wisata Air Terjun Tegenungan, Desa Kemenuh, Sukawati, Gianyar.

GIANYAR, NusaBali

Dalam sepekan terkahir, volume air di kawasan wisata ini beberapa kali meluap. Sejumlah fasilitas milik pengelola objek wisata ini pun hanyut terseret derasnya aliran sungai. Kerugian diperkirakan mencapai belasan juta rupiah. Kondisi ini diakui Kelian Tegenungan I Gusti Made Raka pada Kamis (10/1). Dikatakan, dalam sepekan terakhir objek wisata yang menjadi lintasan aliran Tukad Petanu itu beberapa kali meluap. "Ya, beberapa kali meluap, setiap hujan lebat, apalagi kadang hujan juga sampai seharian," ucapnya.

Dikatakan, kondisi paling parah terjadi pada Sabtu (6/1) hingga Minggu (7/1). Volume aliran air di kawasan itu meningkat berkali-kali lipat. Saking besarnya volume air berbagai fasilitas pariwisata di seputaran objek tersebut hanyut terbawa arus. "Terjadi sejak Sabtu siang, dari sekian tahun kami mengelola objek wisata ini, belum pernah volume air sebesar ini, ini yang terbesar," ujarnya.

Akibat besarnya volume dan arus air, dipastikan Objek Wisata Air Terjun Tegenungan saat itu belum bisa dikunjungi sementara. Derasnya aliran air juga menggerus sejumlah fasilitas di beberapa warung di selatan objek itu. "Dari kejadian ini total kerugian sampai belasan juta rupiah dari beberapa infrastruktur yang rusak dan hilang hanyut dibawa aliran sungai," katanya.

Namun memasuki Kamis (10/1), kondisi air terjun dengan tinggi sekitar 30 meter itu sudah mulai normal. Hanya warna air masih keruh disebabkan hujan yang melanda kawasan Gianyar utara. "Semoga saja volume air tidak meluap lagi seperti kemarin," harapnya.*nvi

Komentar