nusabali

SMPN 1 Gianyar Raih Adiwiyata 2017

  • www.nusabali.com-smpn-1-gianyar-raih-adiwiyata-2017

SMPN 1 Gianyar meraih penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2017 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Pendidikan Nasional.

GIANYAR, NusaBali
Penghargaan dalam bidang lingkungan hidup ini diterima langsung oleh Kasek SMPN 1 Gianyar Dewa Nyoman Bawa di loby Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Gedung dan Area Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Kamis (21/12).

Dia didampingi Ketua Tim Adiwiyata SMPN 1 Gianyar I Ketut Sadia, dan Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Gianyar Ir I Gde Mahadiana. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KemenLH dan Kehutanan RI Ir Helmy Basalamah MM.

Kepala DLH Gianyar selaku Ketua Tim Pembina Adiwiyata Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra  menyatakan bersyukur karena SMPN 1 Gianyar mampu meraih penghargaan Adiwiyata Nasional. Dengan penghargaan ini, dia berharap sekolah SMPN di jantung Kota Gianyar ini bisa menjadi suritauladan dan berimbas positif pada sekolah lain. Imbasnya, mampu mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini dapat diwujudkan melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. ‘’Pada era kini, sekolah tak cukup hanya puas berprestasi dalam bidang akademik. Anak anak juga perlu diberikan pendidikan karakter bidang lingkungan, dalam menemukan jati dirinya yang positif,’’ jelasnya.

Kata Kujus, penghargaan ini tak hanya simbol melainkan cemeti bagi warga sekolah agar anak anak terus belajar dan tergugah untuk mencintai lingkungan. Pelaksanaan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan dan kurikulum berbasis lingkungan, tentu merupakan jaminan pokok untuk mewujudkan ketergugahan itu.

Kasek SMPN 1 Gianyar Dewa Nyoman Bawa mengakui, penghargaan ini adalah kebanggaan warga sekolah, sekaligus tantangan. Tantangan, karena lewat penghargaan ini sekolah tak cukup memberi contoh. ‘’Namun harus mampu menjadi contoh atau suritauladan bagi sekolah lain dan lingkungan umumnya,’’ jelasnya. *lsa

Komentar