nusabali

Jaya Negara Apresiasi Semangat Generasi Muda di Kasanga Festival II

Tari Baris Kekupu Banjar Lebah Terima Sertifikat WBTB

  • www.nusabali.com-jaya-negara-apresiasi-semangat-generasi-muda-di-kasanga-festival-ii

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi gelaran Kasanga Festival Kota Denpasar II Caka 1946 Tahun 2024 pada 1–3 Maret yang berlangsung sukses.

“Meskipun dalam pelaksanaan masih ada beberapa hal yang patut dievaluasi, tetapi secara keseluruhan pelaksanaan Kasanga Festival patut mendapat apresiasi tinggi dari berbagai kalangan,” ujar Jaya Negara saat rapat evaluasi yang dirangkai dengan syukuran atas suksesnya Kasanga Festival, di kantor Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Kamis (28/3). 

Jaya Negara mengatakan, rapat evaluasi dan  syukuran ini digelar bukan semata-mata untuk mensyukuri kesuksesan festival tersebut. Namun yang lebih penting adalah bahwa event kebudayaan dan kesenian Kota Denpasar mampu tampil secara maksimal dan diterima di masyarakat.

Hal senada disampaikan Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa. Dia mengajak generasi muda untuk terus berkarya dan bersama-sama membangun Kota Denpasar tercinta. Hal ini karena kreativitas adalah kunci untuk menciptakan kemajuan. 

“Rasa bangga kami haturkan dan sangat mengapresiasi kekompakan pasikian yowana Kota Denpasar. Mungkin kekompakan ini bisa menjadi barometer untuk event berskala besar berikutnya,” tuturnya. 

Walikota Jaya Negara dan Wawali Arya Wibawa mengucapkan terima kasih atas dedikasi pemuda Kota Denpasar, khususnya yang tergabung dalam Pasikian Yowana Kota Denpasar yang telah bersama-sama menyukseskan event tersebut serta senantiasa menjaga kebudayaan dan kesenian. 

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara mengatakan pelaksanaan Kasanga Festival sudah berjalan dengan baik dan mendapat apresiasi berbagai pihak. Namun, perlu ada evaluasi serta masukan dan saran dari pemuda-pemudi agar pelaksanaan ke depan lebih baik lagi. 

“Nanti di bulan Oktober kita akan adakan FGD, di sana kita menerima masukan dan saran agar semua memahami kriteria, sehingga di event selanjutnya bisa lebih maksimal dan memiliki kesamaan persepsi,” kata Purwantara. 

Ketua Pasikian Yowana Denpasar Anak Agung Made Angga Harta Yana mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar yang telah memfasilitasi Kasanga Festival dengan sangat baik. Dia juga meminta maaf atas segala hal yang mungkin tidak berkenan dan ke depan akan terus dievaluasi sehingga event yang ditunggu-tunggu masyarakat ini bisa terlaksana dengan baik. 

“Pemkot Denpasar memang betul-betul hadir dan duduk bareng bersama kami. Hal ini menambah semangat kami untuk membuat event lebih baik lagi ke depannya. Akan banyak kejutan di Kasanga Fest berikutnya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sertifikat Warisan Budaya Tak Benda yang diperoleh Banjar Lebah, Desa Sumerta Kaja, Denpasar Timur dengan Tarian Baris Kekupu dan kepada keluarga I Gusti Made Deblog atas karya lukisnya. Juga diserahkan penghargaan kepada para juri yang terlibat di dalam Kasanga Festival. @ mis

Komentar